Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Anugerah Sastra Rancage dan HBII 2021 di Tengah Pandemi

26 Januari 2021   10:05 Diperbarui: 26 Januari 2021   10:37 110 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anugerah Sastra Rancage dan HBII 2021 di Tengah Pandemi
Anugerah Sastra Rancage (gurupaud.my.id)

Bahasa Ibu adalah bahasa pertama yang dikuasai oleh seorang anak di dalam perjalanan kehidupannya sehingga dewasa. Untuk membedakannya, bahasa ibu ini dalam bahasa Inggris nya disebut dengan native language.

Apakah bahasa ibu Anda?

Dikatakan ibu, karena ibulah sosok pertama yang dikenal seorang anak yang dilahirkan ke dunia. Ibu juga merupakan sosok yang paling mengerti dan menyayangi anak-anaknya. Sejak bayi, seorang manusia diayun ambing, dirawat, dan dibelai-belai dengan penuh kasih sayang oleh ibunya.

Bahasa Ibu Anda sepertinya bukan Bahasa Indonesia. Bahasa Ibu Anda adalah salah satu dari bahasa-bahasa daerah yang ada di Nusantara ini. BPS 2015 menyebutkan di Nusantara ada lebih dari 700 bahasa daerah. Ditambah lagi dengan bahasa-bahasa Cina, India, Arab, Pakistan, Inggris, Belanda, dan sebagainya.

Pentingnya bahasa ibu ini dilestarikan tercermin dari ditetapkannya setiap tanggal 21 Februari sebagai Hari Bahasa Ibu Internasional (International Mother Language Day).

Seorang Bangladesh yang bermukim di Kanada menulis surat kepada Sekjen PBB Kofi Annan pada tanggal 9 Januari 1998 mengusulkan PBB menetapkan International Mother Language Day untuk melestarikan bahasa-bahasa di dunia dari kepunahan.

Keputusan tanggal 21 Februari sebagai HBII  ini diambil dari peristiwa yang terjadi di Dhaka, Bangladesh. Pada tanggal 21 Februari 1952 terjadi sejumlah pembunuhan terhadap orang-orang yang berupaya memperjuangkan bahasa Bangli di sana.

Sehubungan tengah berkecamuknya pandemi Covid-19, di Jawa Barat, PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) untuk memeriahkan HBII 2021 menggelar sejumlah lomba dan aktivitas secara digital bekerjasama dengan para pegiat bahasa Sunda. Kegiatan-kegiatan itu antara Olimpiade Bahasa Sunda, pembuatan website berbahasa daerah Sunda, video Bahasa Ibu, dan sebagainya.

"Bahasa Sunda merupakan bahasa daerah kedua yang paling banyak penuturnya di Nusantara (42 juta) sayangnya jumlah itu tidak sebanding dengan perhatian masyarakat terhadap bahasanya sendiri," kata Gunawan Tyas Jatmiko, Deputi Pengembangan Usaha, Pemasaran dan Kerjasama PANDI.

Belum diketahui, apakah di daerah lain juga ada aktivitas untuk merayakan HBII 2021 ini.

Berkaitan dengan bahasa ibu dan bahasa daerah ini, PANDI juga ikut berperan serta mendukung kegiatan Anugerah Sastra Rancage 2021. Acara ini akan digelar pada Minggu (31/1/2020) secara virtual di platform zoom dan YouTube.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x