Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

31 Desember 1926, "Loetoeng Kasaroeng" Film Pertama Indonesia Diputar, Kini Terlupakan?

4 Januari 2021   10:05 Diperbarui: 4 Januari 2021   10:38 223 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
31 Desember 1926, "Loetoeng Kasaroeng" Film Pertama Indonesia Diputar, Kini Terlupakan?
Film Loetoeng Kasaroeng, film kisah Nusantara yang diputar untuk pertama kalinya (hai.grid.id)

Sebagai orang yang lama pernah bermukim di Sunda, Jawa Barat, setidaknya Anda atau saya sempat mendengar atau bahkan menyaksikan sendiri kisah "Loetoeng Kasaroeng".

Sampai sekitar 2,5 dekade paska kemerdekaan, Loetoeng Kasaroeng menjadi salah satu primadona hiburan rakyat Jawa Barat.

Loetoeng atau lutung dalam bahasa Sunda artinya monyet, sedangkan Kasaroeng atau kasarung dapat diartikan sebagai tersesat. Jadi Lutung Kasarung adalah monyet yang tersesat.

Entah masyarakat generasi now sekarang ini masih mengenal kisah atau pantun yang disukai "leluhur mereka" orang Sunda. Kendati kini sudah jaman yang serba modernisasi.

Tenyata kisah Loetoeng Kasaroeng ini difilmkan dan tercatat dalam sejarah perfilman sebagai film pertama di Nusantara ini yang diputar di "Parijs Van Java", alias kota Bandung, Jawa Barat 

Uniknya pemutaran film yang diproduksi oleh orang Belanda tersebut adalah pada akhir tahun, yaitu 31 Desember 1926 itu, masyarakat Sunda dapat menyaksikan film itu pada dua bioskop di Parijs Van Java yaitu di bioskop Majestic dan bioskop Elita.

Film ini mengisahkan tentang seorang gadis cantik yang berpacaran dengan seekor monyet (lutung). Menarik, karena sebenarnya lutung ini adalah seorang pangeran tampan namun dikutuk oleh Sunan Ambu, ibunya sendiri.

Judul Loetoeng Kasaroeng diambil dari sebuah pantun dengan judul yang sama.

Pada saat itu, Nusantara belum menghirup udara kemerdekaan (17 Agustus 1945). Film-film yang sempat diputar di Nusantara hanya film-film yang bertema kisah-kisah kehidupan di Eropa atau Amerika. Seiring berjalannya waktu, perfilman Belanda lantas mulai melirik ke kisah kehidupan Nusantara.

Jadilah Loetoeng Kasaroeng yang populer di di Jawa Barat ini menjadi film pertama Nusantara yang diputar, di Parijs Van Java.

Namun jangan dikira yang membuat film ini adalah orang-orang pribumi. Loetoeng Kasaroeng diproduksi oleh NV Java Film Company milk dua meneer Belanda, yaitu G Krugers dan L Heuveldorp.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x