Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Sandal Swallow Asal Indonesia yang Mendunia, Personel EXO Ikut "Promosi"

10 Oktober 2020   10:02 Diperbarui: 10 Oktober 2020   10:13 123 12 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sandal Swallow Asal Indonesia yang Mendunia, Personel EXO Ikut "Promosi"
Personel EXO, Se-hun mengenakan sandal Swallow (kapanlagi.com)


Jika Anda saat ini sedang bersantai, di rumah menonton TV, atau sedang ke warung terdekat dari rumah, Anda mengenakan alas kaki apa?

Apakah Anda mengenakan sandal jepit Swallow?

Siapa sangka sandal jepit ini bukan saja legendaris di negara kita, tapi sandal ini juga sudah mendunia dan bahkan dipakai oleh salah satu personel EXO, yaitu Oh Se-hun. EXO adalah boyband asal Korea Selatan yang populer di Indonesia.

Entah mengapa, kendati banyak merek sandal jepit yang beredar di pasaran, akan tetapi Swallow lah yang paling melegenda. Dengan harga terjangkau, Swallow bukan saja dikenakan oleh orang berpenghasilan pas-pasan, tetapi juga dipakai oleh kalangan menengah dan atas Indonesia.

Jika bahasa Inggris Swallow artinya burung walet. Dalam kata kerja, swallow artinya menelan.

Namun Swallow dalam sandal hanyalah sebuah merek.

Sandal ini mulai diproduksi sejak 1982 oleh PT Sinar Jaya Prakarsa sejak pabrik yang berlokasi di kawasan Tegal Alur, Jakarta Barat, ini didirikan oleh Amir Djohan pada 1982.

Pada awal-awal diproduksi sandal ini hanya memiliki varian yang polos dan terbatas. Namun pada perkembangannya kemudian, Swallow kini mempunyai variasi warna yang berlainan. Ungu, merah, kuning, hijau, dan biru.

Anda cukup mengeluarkan uang berkisar Rp 13.000 hingga Rp 20.000 untuk mendapatkan sepasang sandal jepit karet ini. Tersedia dalam berbagai ukuran nomor sesuai karakter telapak kaki pemakainya, karena terbuat dari karet, hal ini menjadikan sandal ini sangat praktis, ringan, dan nyaman dipakai.

Ada pun 38 tahun silam, saat pertama kali muncul di pasaran harga sepasang Swallow ini adalah Rp 1.500. Dalam perjalanannya kemudian terjadi gejolak ekonomi yang memengaruhi naiknya harga-harga barang, termasuk juga bahan-bahan pembuat sandal ini. Maka harga Swallow pun ikut menaik ke harga yang seperti sekarang ini.

Pada konser yang menghadirkan EXO di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada tahun 2014 silam, Oh Se-hun terlihat gambarnya terjepret kamera memakai sandal jepit Swallow warna tali hijau ketika berada di Bandara internasional Soekarno-Hatta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x