Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Orang Muda pun Sekarang Hipertensi

27 Juni 2019   06:00 Diperbarui: 27 Juni 2019   06:23 261 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Orang Muda pun Sekarang Hipertensi
doktersehat.com

Hipertensi kini mulai menjangkiti juga mereka yang berusia muda.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu dari apa yang dinamakan dengan penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif ini adalah penyakit yang disebabkan oleh semakin menanjaknya usia seseorang.

Penyakit tekanan darah tinggi ini dikaitkan dengan asupan garam yang banyak. Apabila mereka yang sudah berumur, hipertensi akan mudah menjalari dikarenakan daya tahan tubuhnya memang sudah menurun.

Oleh karena penyakit degeneratif ini disebabkan oleh karena asupan garam yang tidak terkontrol, maka mereka yang berusia muda pun dapat rentan terpapar penyakit ini.

Hipertensi disebabkan karena seseorang terlalu banyak mengonsumsi garam natriumKalau memang garam menjadi penyebab timbulnya penyakit hipertensi, maka tentunya para penderitanya harus mewaspadai serta mengontrol asupan garam itu. 

Disebutkan garam natrium, karena selain garam itu sendiri yang harus diwaspadai asupannya, juga segala macam makanan atau minuman yang mengandung garam.

Dalam setiap 1 gram garam 'asli' mengandung 400 mg natrium. Jika dihitung dengan sendok, 1 sendok teh mengandung 8 gram, setara dengan 3200 mg garam dapur.

Contoh beberapa makanan yang mengandung natrium tinggi antara lain adalah mentega, margarin, dan keju.

Semakin majunya teknologi, maka manusia semakin sibuk dan selalu dikejar waktu. Ditambah lagi pendapatan yang semakin meningkat. Kesibukan itu mendorong mereka untuk langsung memesan dan mengonsumsi makanan cepat saji (fast food). 

Maraknya fast food sekarang ini memang memudahkan mereka yang punya waktu luang sedikit. Sayangnya, makanan cepat saji ini, seperti pizza, fried chicken, sosis, dsb memiliki komposisi makanan yang kurang berimbang. Apalagi bagi penderita hipertensi, dimana makanan-makanan itu banyak mengandung natrium yang berbahaya.

Hal yang harus diwaspadai lainnya bagi penderita hipertensi adalah makanan kaleng. Makanan kaleng sebenarnya berasal dari bahan yang segar, tapi agar lebih awet dan tahan lama maka produsen menambahkan garam dalam pembuatannya. Makanan kaleng juga mengandung natrium benzoat, sejenis pengawet. Contoh makanan ini adalah sarden atau kornet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x