Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Mudik? Yuk, ke Tahu Sumedang yang Pernah Dikunjungi Ibu Ani Yudhoyono

2 Juni 2019   11:49 Diperbarui: 2 Juni 2019   12:08 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mudik? Yuk, ke Tahu Sumedang yang Pernah Dikunjungi Ibu Ani Yudhoyono
nasional.republika.co.id

Kini beliau sudah menghadap Sang Khalik. Banyak kalangan, para petinggi negara, artis, hingga masyarakat merasa sangat kehilangan pada sosok seorang ibu yang penuh kasih sayang. Ibu Ani Yudhoyono atau Kristiani Herawati, isteri dari Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono meninggalkan kesan dan kenangan di sanubari orang-orang yang pernah dekat dengan beliau. Banyak cerita berkesan. Barangkali Anda pun?

Salah satu jasa beliau dan kenangan yang ditinggalkannya adalah dari pabrik tahu.

Tahu yang dihasilkan di pabriknya yang terletak di Jl Mayor Abdurachman No 153, Sumedang dikenal dengan Tahu Palasari, atau ada juga yang menyebutnya dengan Tahu Sumedang.

Tahu Sumedang memang sudah terkenal karena kelezatannya dan harganya yang terjangkau. Untuk 25 potong tahu dapat dibeli seharga Rp 15.000 saja.

Pada rangkaian kunjungannya di Jawa Barat, ibu Ani, sang suami SBY, sempat singgah di pabrik tahu Palasari Sumedang.

Ibu Ani dan sang suami bukan saja mencicipi, tapi ibu Ani juga menyempatkan untuk menggoreng sendiri penganan legendaris itu. 

Pada saat itu, Senin (3/2/2014), ibu Ani dan suami mengunjungi pabrik tahu tersebut. Ibu Ani sangat antusias sekali melihat rangkaian proses pembuatan tahu Palasari, mulai dari tahap penggilingan sampai menjadi bubur kedelai, lalu disaring hingga membentuk tahu mentah yang siap digoreng.

Pada tahap penyaringan, produk lain dapat dihasilkan yaitu susu kedelai. Sang suami ibu Ani sangat serius memperhatikan tiga orang yang sedang bekerja memproses. Salah satu pekerja tersebut, antara lain mengenakan kaos bertuliskan "I Love SBY".

Ibu Ani sempat menanyakan berapa banyak tahu yang dapat dihasilkan per harinya? Tiba di tempat penggorengan, ibu Ani pun sempat menjadi tukang goreng. Ibu Ani pun menggoreng sejumlah tahu. Usai menggoreng, sang suami ikut mencicipi tahu gorengan isterinya.

SBY mencicipi empat buah, sedangkan ibu Ani dua buah tahu. "Bukan basa-basi enaknya," puji SBY. Adapun sejumlah Menteri yang ikut dalam rombongan, sudah terlebih dahulu mencicipi penganan tersebut begitu tiba di pabrik.

Memang tahu Palasari nikmat dan gurih, apalagi jika dimakan dengan lontong, asyik...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2