Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Ma'ruf Amin dan Peringkat Satu GMTI

16 April 2019   06:00 Diperbarui: 16 April 2019   06:55 90 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ma'ruf Amin dan Peringkat Satu GMTI
poskotanews.com

Dalam debat kelima, atau debat terakhir Pilpres 2019, Paslon 01 Jokowi dan Ma'ruf Amin sempat menyebut-nyebut bahwa Indonesia dinobatkan menjadi negara dengan wisata halal nomor satu dunia.

Menurut capres 01, pihaknya akan terus mengembangkan wisata halal ini. Untuk itu dalam waktu dekat pemerintah akan membangun taman halal berlokasi di dekat Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Berkat upaya Kementerian Pariwisata, peringkat Indonesia terus mengalami perbaikan di Global Muslim Travel Index.

Pada 2015, Indonesia berada di posisi keenam, 2016 menjadi peringkat keempat, 2017 peringkat ketiga, 2018 peringkat kedua, dan kini 2019 Indonesia menduduki peringkat pertama Indeks Wisata Halal.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menjelaskan Global Muslim Travel Index yang diurutkan oleh Crescent Rating Mastercard itu didisain dengan berpedoman pada empat kriteria.

Keempat kriteria itu adalah Access, Communication, Environment, dan Service, atau disingkat dengan ACES.

Menpar mengatakan empat kriteria itulah yang terus dibenahi dan diperbaiki pihak Kemenpar setiap tahunnya.

Access, menurut Menpar adalah koneksi. Arief mengatakan sebanyak 70 persen wisatawan berkunjung ke Indonesia dengan menggunakan pesawat udara.

Menurut Menpar lagi, kita melakukan renovasi 27 terminal penumpang dan membangun 15 Bandar Udara baru.

Communication, Indonesia memiliki guide dan perencana wisata di daerah dan di 10 Besar Tujuan Wisata Muslim. Faktor lain yang menjadi penilaian adalah promosi lewat media dan digital.

Environment, ini adalah semakin berkembangnya atraksi. Baik atraksi budaya, atraksi alam, juga situs warisan budaya Islam di 10 Tujuan Wisata Indonesia, yang Moslem Friendly.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x