Mohon tunggu...
Rudy Subagio
Rudy Subagio Mohon Tunggu... Lainnya - Just ordinary people, photograph and outdoors enthusiast, business and strategy learner..

Hope for the Best...Prepare for the Worst ...and Take what Comes. - anonymous- . . rudy.subagio@gmail.com . . Smada Kediri, m32 ITS, MM48 Unair

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Mengapa Kita Semakin Terbiasa Mengerjakan Pekerjaan Kantor di Luar Jam Kerja?

19 November 2021   23:17 Diperbarui: 21 November 2021   18:00 1467
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menelpon di luar jam kerja (Pexels.com/tinamiroshniche)

Malam itu, Budi sedang bersantai setelah makan malam bersama keluarga di rumah, tiba-tiba handphone-nya bergetar, rupanya ada pesan WA yang masuk dari kantor. 

Budi merupakan salah satu staff pabrik consumer goods yang beroperasi 3 shift yang menangani kebutuhan material untuk packaging produk.

Rupanya pesan tadi berasal dari grup WA yang dibuat untuk komunikasi antar bagian. Malam itu bagian produksi mencari karton packaging untuk produk tertentu yang sudah disiapkan oleh unit kerja Budi namun tidak menemukan.

Pesan di WA tadi dari karyawan bagian produksi menanyakan di mana packaging yang dibutuhkan disimpan atau disiapkan. 

Sebenarnya sebelum pulang Budi sudah berkomunikasi dengan shfit sebelumnya dan sudah menyiapkan semua kebutuhan untuk packaging.

Budi sudah membalas pesan di WAG, namun barang tetap belum ditemukan. Untungnya tidak lama kemudian salah satu anak buah Budi di bagian persiapan material packaging merespon pesan di WAG. Dengan penjelasan yang lebih terperinci akhirnya barang bisa ditemukan.

Apa yang dialami oleh Budi dan anak buahnya, juga banyak dialami oleh pekerja lainnya. Di masa pandemi sekarang ini kecenderungan untuk merespon urusan kerja di luar jam kantor semakin meningkat dan orang juga semakin terbiasa melakukannya meskipun tidak diminta oleh atasannya atau perusahaan.

Tren bekerja dari rumah atau WFH selama masa pandemi yang meningkat tajam telah menciptakan lingkungan di mana manajer dapat memanggil staf sepanjang waktu. Atau sebagian besar waktu kita gunakan untuk berkoordinasi dengan tim, menangani klien atau menegosiasikan transaksi.

Pada zaman digital ini, setiap orang terkungkung secara digital dan terhubung dengan pekerjaan pada pagi, siang dan malam. Selalu ada email masuk. Panggilan dan pesan terkait pekerjaan menyerbu alat komunikasi yang sama yang digunakan orang untuk bersosialisasi.

Teknologi komunikasi seluler telah mengaburkan batas antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi bagi banyak pekerja saat ini, sehingga pekerjaan mengikuti kita di rumah dan sering mengganggu kegiatan dan perhatian kita di luar jam kerja yang seharusnya. [1]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun