Mohon tunggu...
Rudy Subagio
Rudy Subagio Mohon Tunggu... Lainnya - Just ordinary people, photograph and outdoors enthusiast, business and strategy learner..

Hope for the Best...Prepare for the Worst ...and Take what Comes. - anonymous- . . rudy.subagio@gmail.com . . Smada Kediri, m32 ITS, MM48 Unair

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Keliling Jawa Zaman Belum Ada Tol Trans Jawa (Part-2)

18 September 2021   13:14 Diperbarui: 20 September 2021   22:02 87 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Keliling Jawa Zaman Belum Ada Tol Trans Jawa (Part-2)
di Sea World, Ancol

Keliling Jawa zaman belum ada Tol Trans Java : perjalanan seribu tiga ratus tujuh puluh dua mil selama sepuluh hari (Part-2)

Perjalanan seribu mil dimulai dengan Langkah pertama  -Peribahasa Cina-

Hari Sabtu, 19 Desember 2009, merupakan hari pertama kami tiba di Jakarta atau hari kedua dalam perjalanan keliling Jawa. Sore itu dari hotel di Kawasan blok M kami langsung meluncur ke Pacific Palace dengan tujuan utama ke Kidzania. Kebetulan hari itu menjelang akhir tahun sehingga banyak event yang diadakan di Pacific Palace, salah satunya pameran karakter sponge bob di lantai dasar, waktu itu film animasi sponge bob sedang booming sehingga hampir setiap anak kecil akrab dengan karakter ini termasuk anak kami, jadi ini adalah kejutan tak terduga baginya. Setelah melihat-lihat dan berfoto dengan latar belakang karakter sponge bob dan pernak-perniknya kami langsung menuju tujuan utama, Kidzania. Kidzania merpakan tempat bermain anak dengan tema edukasi dimana anak bisa langsung praktek menjalani berbagai profesi, seperti pilot, dokter, bankir, seniman, chef, tukang kue, jaksa, hakim, karyawan pabrik dan masih banyak lagi, sehingga menjadi pengalaman yang unik dan menyenangkan bagi anak-anak. Mungkin hari itu menjadi salah satu hari yang paling membahagiakan anak kami karena banyak kejutan mulai dari deretan Gedung Pencakar langit di sepanjang jalan Sudirman, pameran karakter sponge bob dan aktifitas di Kidzania.

Hari Minggu, 20 Desember 2009, ini adalah hari ke-tiga dalam perjalanan keliling Jawa. Tidak banyak kegiatan di pagi itu selain ibadah pagi dan bersantai di hotel sampai  waktu check out pukul 12 siang. Dari hotel rencananya mau mengunjungi teman lama, namun akhirnya diundur sore hari karena ada kegiatan lain. Selanjutnya kami langsung meluncur ke Taman Impian Jaya Ancol, dan tiba di SeaWorld hari sudah menjelang sore sekitar jam. 15.45. Setelah puas keliling SeaWorld sekitar jam 17.30 kami memutuskan untuk menuju ke rumah teman yang tadi mau dikunjungi. Singkat kata kami bisa bertemu dan karena lama tidak jumpa kami ngobrol sampai malam dan menginap di rumah teman tersebut.

Senin, 21 Desember 2009, hari ke-empat dalam perjalanan keliling Jawa, perjalanan kami mulai sekitar pukul 8 pagi dari apartemen Mall Kelapa Gading menuju ke Bogor via tol jagorawi. Tujuan pertama di Bogor adalah "Tas Station" yang berada di Tajur, kami sampai disana sekitar pukul 9 lebih dan sekitar jam 11 siang perjanalan dilanjutkan ke pusat kota Bogor. Di kota kami keliling untuk membeli makanan khas Bogor di yang  ada di sekitar terminal baranangsiang sampai Kebun Raya Bogor. Setelah dari Bogor perjalanan dilanjutkan ke Ciawi dan selanjutnya tujuan akhir adalah Bandung. Namun ternyata kami sempat terhambat macet di kawasan pusat kota Bogor karena tidak familiar dengan jalan-jalannya. Keluar dari kota Bogor lancar sebentar setelah itu menjelang Ciawi macet lagi karena ada pertemuan dengan lalu lintas di exit toll Jagorawi yang menuju ke Puncak. Selepas Ciawi sampai Cisarua jalan lalu-lintas Kembali merambat, baru setelah melewati Taman Safari Cisarua jalan agak lancar. Kondisi lalu-lintas yang banyak macetnya ini diluar perkiraan kami, karena asumsi kami hari Senin jalan lebih lancar di banding akhir-pekan, namun rupanya ini sudah menjelang akhir tahun sehingga banyak yang libur dan berwisata di Kawasan Puncak khususnya Taman Safari Cisarua.

 Setelah melewati Cisarua akhirnya kami memutusakan untuk berhenti di warung di sekitar Puncak Pass untuk beristirahat dan makan siang. Dari Puncak Pass perjalanan dilanjutkan ke Bandung melalui Cianjur. Masuk kota Bandung hari menjelang sore dan untungnya lalu-lintas di dalam kota Bandung cukup lancar, sesuai harapan kami kalau hari Senin (hari kerja) lalu lintas dalam kota relatif lancar dibanding akhir pekan. Setelah putar-putar akhirnya kami menemukan alamat yang dituju, rumah teman masa kecil istri saat di Sumatra, dikawasan Sukalayu Bandung.

Kebetulan hari ini adalah hari ulang tahun istri sehingga malam itu kami diajak tuan rumah ke salah satu cafe di Dago atas untuk dinner sekaligus merayakan ulang tahun istri.

Bersama teman lama di Dago Atas
Bersama teman lama di Dago Atas

Selasa, 22 Desember 2009, hari kelima dalam perjalanan kami. Dari pagi sampai siang kami puasin ngobrol dengan tuan rumah karena kemarin malam agendanya cukup padat. Sorenya kami mengeksplorasi deretan Factory Outlet disepanjang jalan Dago. Malamnya dilanjutkan dengan berburu kuliner khas Bandung, yaitu siomay & batagor "Kingsley" di jl. Veteran dan kudapan surabi (toping oncom), colenak, bajigur, nasi bakar "imut", dikawasan kampus NHI, jalan Setia Budi.

Jalan Dago, 22 Desember 2009
Jalan Dago, 22 Desember 2009

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan