Mohon tunggu...
Rudhotul Muhtasanah
Rudhotul Muhtasanah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Mahasiswi Program studi kimia fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ilmu Kimia dalam Pandangan Islam

5 Desember 2021   15:05 Diperbarui: 5 Desember 2021   15:12 167 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Salah satu ilmu pengetahuan alam yang keberadaannya sangat dibutuhkan saat ini yaitu ilmu kimia. Semua kegiatan yang dilakukan setiap harinya selalu berhubungan dengan kimia. Mulai dari makanan, minuman, sabun, obat-obatan hingga diberbagai bidang industri seperti  kesehatan, pabrik-pabrik dan tekstil memerlukan keahlian dibidang kimia. 

Meskipun bidang kimia sudah tidak asing lagi untuk saat ini, tetapi masih banyak yang belum mengetahui bagaimana pandangan islam terhadap llmu kimia. Islam adalah agama yang seluruh petunjuk hidup umatnya bersumber dari Al-Qur'an dan Hadist. 

Maka dari itu, kita masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam seharusnya tahu dan mengerti bagaimana ilmu kimia dijelaskan dalam Islam. Mulai dari sejarah perkembangannya hingga tokoh yang berperan didalamnya.

Jika kita memadukan ilmu pengetahuan dengan konteks Islam, pastinya kita bisa mengetahui lebih dalam dan luas tentang ilmu tersebut. Dalam kehiudpan ini, sebagian besar masyarakat hanya mengetahui bahwa yang berperan dalam perkembangan ilmu kimia hanyalah para ilmuwan dan sejarawan barat saja. 

Jika dicari lebih dalam, ilmuwan muslim juga ikut serta berperan dalam kemajuan ilmu kimia. Seorang tokoh muslim yang turut andil dalam berkembangnya ilmu kimia hingga saat ini yaitu Jabir Ibnu Hayyan. 

Beliau juga sering dijuluki  sebagai "Bapak Kimia Modern", karena berkat jasanya dalam berbagai ekperimen serta penemuan yang berguna dibidang kimia beliau berhasil membuat ilmu kimia maju hingga ilmu ini sangat dibutuhkan pada kehidupan saat ini.

Selain ilmuwan muslim yang ikut berperan dalam kemajuan ilmu kimia ini, dalam sudut pandang islam ilmu kimia juga dibahas dalam Al-Qur'an dan Hadist. 

Semua petunjuk dalam kehidupan sudah dibahas dalam A-Qur'an dan Hadist, jika kita mau tekun untuk mempelajarinya maka kita akan lebih mudah dalam menjalani semuanya. 

Semua yang dilakukan, mulai dari kegiatan sehari-hari hingga ilmu pengetahuan yang kita pelajari, hendaklah kita cari tahu pembahasannya dalam Al-Qur'an dan Hadist dengan sudut pandang Islam. Dengan begitu, mudah-mudahan ilmu dan segala sesuatu yang kita lakukan dapat menghasilka pahala dan berkah dengan restu dan ridho Allah SW.

Pembahasan ilmu kimia dalam Al-Qura'an dapat ditemukan dalam surah Al-Hadid ayat 25 yang menyebutkan bahwa salah satu unsur kimia yaitu besi memiliki kekuatan hebat dan banyak bermanfaat bagi kehidupan. Jika direnungkan, memang benar adanya pernyataan tersebut. Karena padadasarnya besi memiliki sruktur yang kuat serta dapat dibentuk. 

Sehingga banyak digunakan untuk keperluan pembangunan dan menopang segala sesuatu yang berukuran besar dan berat. Hampir seluruh banunan rumah yang kokoh menggunakan besi didalam pembangunannya agar rumah yang dibangun pun dapat berdiri kokoh dan tahan lama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan