Mohon tunggu...
ARSUINDO SAPUTRA
ARSUINDO SAPUTRA Mohon Tunggu... Administrasi - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bengkulu

Pegawai Negeri Sipil di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bengkulu

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Rutan Bengkulu Terima 40 Tahanan Pengadilan

1 Desember 2022   20:35 Diperbarui: 1 Desember 2022   20:38 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

01 Desember 2022
BENGKULU - Sebanyak 40 orang tahanan pengadilan kembali dilimpahkan ke Rutan Kelas IIB Bengkulu hari ini, kamis (01/12). Kepala Rutan Kelas IIB Bengkulu, melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Medi Ihwandi menjelaskan, 40 tahanan tersebut merupakan tahanan Pengadilan Negeri Bengkulu dan Pengadilan Negeri Tais.

"Hari ini total ada 40 tahanan yang kita terima, 38 tahanan dari Pengadilan Negeri Bengkulu, dan 2 orang tahanan dari Pengadilan Negeri Tais," ungkap Medi.

Dengan penambahan 40 tahanan tersebut, lanjut Medi total jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Bengkulu hampir menyentuh angka 700 orang. Hal ini tentu menjadi kendala tersendiri karena kapasitas hunian Rutan Kelas IIB Bengkulu hanya bekisar 250 orang.

"Jadi untuk jumlah WBP pertanggal hari ini adalah 647 orang, terdiri dari 441 orang tahanan dan 206 orang narapidana. Memang ini menjadi kendala bagi kita mengingat kapasitas rutan ini idealnya hanya 250 orang," tegas Medi.

Setelah menjalani pemeriksaan fisik dan kesehatan oleh Tim Medis Rutan Bengkulu serta verifikasi berkas pidana oleh Staf Pelayanan Tahanan, 40 tahanan tersebut langsung diserahkan ke Kesatuan Pengamanan untuk proses lebih lanjut.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan Kantor Wilayah terkait teknis pemindahan mengingat angka over kapasitas sudah sangat tinggi, rencananya dalam waktu dekat ini kita akan adakan pemindahan," tutup Medi. (waw)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun