Mohon tunggu...
RSKO Jakarta
RSKO Jakarta Mohon Tunggu... Akun Kompasiana Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta

Akun Resmi Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta. One Stop Service Layanan Pengobatan dan Pemulihan Penyalahgunaan NAPZA / Narkoba dan kesehatan lainnya. Web : www.rskojakarta.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Art Therapy, Mimpi dan Harapan Ternyata Mampu Menyehatkan Jiwa

13 Maret 2019   08:39 Diperbarui: 13 Maret 2019   09:34 245 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Art Therapy, Mimpi dan Harapan Ternyata Mampu Menyehatkan Jiwa
Deskripsi : Art Therapy Mampu Menimbulkan Harapan dan Mimpi Kembali I Sumber Foto : pixabay

Sore itu, 21 Februari 2019, sekumpulan pria dan wanita berkumpul disekitar instalasi hidroponik yang terbuat dari pipa-pipa paralon dimana terdapat pot-pot yang berisi sayuran yang siap panen. Mereka semua berada di halaman Asrama dibagian belakang bangunan Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta.

Dua orang pria dengan muka yang teduh memperlihatkan hasil panen sayuran hidroponik. Salah-seorang dari mereka pun menceritakan untuk apa sayuran itu ditanam, orang itu bernama Agus Darmawan. 

Apa yang mereka praktekkan merupakan kegiatan Art Therapy bagi pasien jiwa dan pasien Napza/Narkoba RSKO Jakarta. Agus Darmawan dan Syarifudin Satar merupakan dua orang yang bertanggung jawab atas kegiatan berkebun ini. Mereka merupakan Pekerja Sosial yg bertugas di RSKO Jakarta.

Deskripsi : 2 orang Pekerja Sosial, Agus Darmawan (kanan) & Syarifudin Satar (Kiri) I Sumber foto : dokpri
Deskripsi : 2 orang Pekerja Sosial, Agus Darmawan (kanan) & Syarifudin Satar (Kiri) I Sumber foto : dokpri
Kegiatan berkebun ini merupakan Art Therapy. Jadi tidak sembarang berkebun dimana hasilnya tidak bertujuan untuk di jual atau di komsumsi saja. Art therapy adalah suatu kegiatan therapeutic yang menggunakan proses kreatif dalam lukisan untuk merubah prilaku menjadi lebih baik agar seseorang  mampu baik dalam menggunakan fisik, mental dan emosional nya. 

Bapak Agus Darmawan menyampaikan kepada penulis "Bila kita bicara Art Therapy, kita harus juga mengenal pengertian therapy itu sendiri" ucapnya. 

Deskripsi : Art Therapy dengan seni lukis I Sumber Foto : Rhuvy
Deskripsi : Art Therapy dengan seni lukis I Sumber Foto : Rhuvy

Menurutnya therapy digunakan untuk melakukan intervensi kepada pasien. Art therapy secara secara umum adalah suatu kegiatan therapeutic yang menggunakan proses kreatif dalam media lukisan. Secara sederhana therapy dapat dikategorikan media ekspresif dengan menggunakan media warna, pensil, dan media-media lainnya.

Jadi art therapy digunakan untuk mencurahkan dan mengekspresikan alam bawah sadar yang bertujuan menambah baik seseorang dalam menggunakan fisik, mental dan emosional nya melalui media lukis. 

Therapy di RSKO Jakarta menurut Bapak Agus Darmawan merupakan seni melakukan therapy. Maka dari itu therapy berkembang tidak hanya seni lukis saja termasuk juga seni rupa membentuk patung. Tidak hanya seni lukis dan seni rupa, therapy dikembangkan pula dengan therapy menyanyi yang bertujuan menggali potensi dan memancing mereka mampu mengekspresikan diri.

Therapy alternatif di RSKO Jakarta menggunakan bermacam-macam seni bagi pasien jiwa bangsal Derawan dan spesial program bangsal Rehabilitasi Napza yaitu terapi senam otak, seni terapi menulis surat, seni berkebun dan seni bermain.

Deskripsi : Para petugas memanen hasil art therapy seni berkebun para pasien I Sumber Foto : Peksos
Deskripsi : Para petugas memanen hasil art therapy seni berkebun para pasien I Sumber Foto : Peksos

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x