Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

Yang Tersisa dari Kolonialisme Inggris di Malaysia

15 September 2022   08:21 Diperbarui: 17 September 2022   08:36 1831 60 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Konferensi Federation of Malaya Constitutional di London tahun London, 1956 yang menandai diberikannya kemerdekaan Malaysia pada tahun 1957. Poto: http://what-when-how.com

Banyak orang yang berpendapat bahwa Malaysia yang pernah dijuluki macan ekonomi Asia merupakan dampak dari warisan sistem Inggris dari era kolonialisme yang berlangsung cukup lama yaitu tahun 1874-1957.

Ketika Malaysia di bawah kepemimpinan Mahathir Mohamad di tahun 1998 negara ini merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang paling menonjol perekonomian karena merupakan salah satu rantai penting dalam perdagangan global yang membawa warga Malaysia lebih sejahtera.

Ditengah krisis ekonomi yang melanda dunia di tahun 1998 Malaysia dapat bertahan dengan lebih baik jika dibandingkan negara lain utamnya di kawasan Asia.

Malaysia memang telah mengalami transformasi dari negara tidak berkembang menjadi negara yang perkembangan perekonomiannya merupakan salah satu yang tercepat di dunia termasuk ekspornya.

Sampai saat ini Malaysia tercatat sebagai salah satu negara penting dari kelompok negeri pesemakmuran (catatan" Commonwealth nation", negara bekas jajahan Inggris) dan memiliki kedekatan khusus dengan ratu Elizabeth II.

Oleh sebab itu tidak heran jika menurut catatan Ratu Elizabeth II pernah tiga kali berunjung ke Malaysia yaitu di tahun 1972, 1989 dan 1998.

Junjungan ratu Elizabeth II tahun 1972 di Malaysia. Photo: Getty Images 
Junjungan ratu Elizabeth II tahun 1972 di Malaysia. Photo: Getty Images 

Dinamika

Transformasi yang luar biasa ini tentunya merubah pandangan sebagian masyarakat Malaysia terkait dengan sejarah kelam kolonialisme Inggris dan kerajaan Inggris khususnya.

Sampai dengan tahun 1972 menurut catatan sejarah tentara Inggris yang bercokol di Malaysia sejak masa kolonialisme dan kemerdekaan, baru meninggalkan Malaysia.

Salah satu alasan keberadaan tentara Inggris di Malaysia tersebut adalah membendung kekuatan dan invasi komunisme.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan