Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Mendapatkan Promosi Ketika Bekerja dari Rumah? Mengapa Tidak

12 Oktober 2020   10:10 Diperbarui: 12 Oktober 2020   10:34 99 30 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mendapatkan Promosi Ketika Bekerja dari Rumah? Mengapa Tidak
Ilustrasi : moneyglare.com

Tidak pelak lagi pandemi korona yang sedang melanda  dunia dan  belum menunjukkan tanda tanda  sedikitpun akan mereda telah merubah tatanan kehidupan manusia di hampir semua sektor.

Bagi kita yang terpaksa dan dipaksa bekerja dari rumah mungkin pernah bertanya tanya dalam hati apakah kita masih bisa mendapatkan  promosi jabatan atau posisi  yang lebih tinggi di tempat kerja kita?

Tidak mudah memang menjawab pertanyaan ini, namun seperti halnya kita bekerja di era sebelum pandemi, prestasi kerja  masih merupakan bagian dari reward dalam bekerja baik di sektor pemerintahan maupun di sektor swasta.

Namun tentunya situasi dan kondisinya akan sangat berbeda dan tentunya bos kita akan melihat dan menilai etos kerja maupun  kinerja kita di rumah dari sudut pandang  yang berbeda juga.

Oleh sebab itu sangat penting bagi kita yang berkerja di rumah untuk selalu  menunjukkan prestasi kerja yang prima agar mendapatkan promosi ke jabatan ataupun posisi yang lebih tinggi.

Tidak mudah memang menarik perhatian dan menunjukkan etos  kerja kita dari rumah karena secara kasap mata bos kita tidak melihat kita.  Walaupun pertemuan dilakukan virtual, namun baik kita maupun bos kita tidak dapat menangkap suasana hati jika dibandingkan dengan berhadapan langsung.

Kita mungkin saja sudah cukup lama kenal dengan bos kita, namun dalam kondisi bekerja dari rumah dan bertemu secara virtual mungkin saja kita tidak mengetahui apakah bos kita sedang gembira atau kurang puas dengan hasil pekerjaan kita.

Kiat Kiat

Salah satu kiat agar pekerjaan kita dapat diketahui dengan baik oleh bos kita adalah memanfaatkan  email sebagai alat komunikasi untuk tetap meng update hasil kerja kita.

Komunikasi email yang dimaksud bukan hanya sekedar menulis email seperti biasanya saja, namun konteks nya agak lebih luas dalam menjelaskan apa yang sedang kita kerjakan dan menyampaikan capaian kerja serta apa rencana berikutnya yang akan kita kerjakan.

Dengan cara berkomunikasi secara rutin melalui email seperti ini, maka bos kita paling tidak akan mengetahui aktivitas yang kita lakukan di rumah dan juga hasil pekerjaan yang diminta oleh bos kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x