Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Ayo Coba Resep Semur Paha Domba Berusia 4000 Tahun

6 November 2019   09:21 Diperbarui: 6 November 2019   12:48 0 14 3 Mohon Tunggu...
Ayo Coba Resep Semur Paha  Domba Berusia 4000 Tahun
Tablet berusia 400 tahun ini berisikan resep masakan. Sumber: Office of Public Affairs and Communications, Yale Universit

Bagi penggemar kuliner keragaman kuliner memang menimbulkan gairah dan ketertarikan tersendiri dalam mencobanya.

Ada hal yang menggelitik dalam pikiran kita terkait pertanyaan apakah orang zaman dulu yang hidup ratusan bahkan ribuan tahun lalu juga memiliki kuliner favorit dan apakah kita bisa mencicipinya sekarang?

Baru baru ini kumpulan ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu termasuk   pakar Assyriology dari  Universitas Harvard  berhasil mengungkap rahasia resep masakan yang dianggap sebagai tertua di dunia yang pernah diketahui, yaitu resep masakan yang berusia 4000 tahun lalu (tahun 1730BC).

Rahasia resep kuno tersebut berhasil diungkap dari prasasti yang tertulis di 4 tablet yang berukuran kira kita  sebesar kantong kertas ukuran sedang yang selama ini menjadi koleksi Peabody Museum of Natural History,  universitas Yale.

Resep masakan yang ditulis di tablet ini berasal dari jaman babilonia yang diperkirakan ditulis oleh bangsa Sumeria dari mesopotania. Lokasi mesopotania ini jika kita gambarkan sekarang meliputi  wilayah wilayah selatan dan barat Baghdad, Syria dan Turki.

Tidak tanggung tanggung dari 3 tablet tersebut para pakar dari berbagai disiplin ini berhasil mengungkap 25 resep masakan kuno yang umumnya berupa semur dan kadu yang berbasis daging domba.

Hal yang paling menakjubkan adalah bahan bahan dan bumbu yang digunakan saat itu hampir semuanya masih dapat kita temukan saat ini di era kuliner modern saat ini, seperti misalnya daging, garam halus, bawang merah, bawang putih, daun bawang, susu dll.

Disamping itu resep masakan kuno ini ternyata tidak saja mempertimbangkan unsur rasa namun juga estetika yang tergambar dengan adanya garnish dan juga berbagai bumbu dan bahan  yang berwarna warni yang memanjakan mata dan mengundang selera orang untuk mencicipinya.

Keberhasilan mengungkap resep kuno ini menunjukkan bahwa seni kuliner sudah lama sekali berkembang paling tidak 4000 tahun yang lalu dan sekalugus menunjukkan bahwa  selera kita tidak jauh berbeda dengan selera orang yang hidup jauh sebelum kita.

Jika ditelusuri lebih dalam lagi ternyata berbagai resep masakan kuno tersebut sampai saat ini masih lestari di bekas kerajaan mesopotania seperti Iran, Irak dan Turki.

Sebagai salah contoh adalah cara membuat Pashrutum yang oleh pakar diduga sebagai sup yang diperuntukkan untuk orang yang sedang menderita flu dan demam yang menggunakan bumbu bawang, ketumbar dan daun bawang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2