Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Langkah Higienis Membersihkan Daging Ayam Segar

24 Agustus 2019   06:28 Diperbarui: 24 Agustus 2019   06:35 0 9 4 Mohon Tunggu...
Langkah Higienis Membersihkan Daging Ayam Segar
Hindari kebiasaan membersihkan daging ayam segar seperti ini. Photo: MAHATHIR MOHD YASIN/Shutterstock

Kebiasaan sebagian besar dari kita mencuci ayam segar sebelum dimasak dengan air ledeng di tempat pencucian seharusnya tidak lagi dilanjutkan.

Pencucian ayam segar ini secara logika bertujuan sangat baik yaitu membersihkannya dari kotoran.  Namun sebaliknya bebiasaan  ini justru tidak hiegenis bahkan dapat dapat digolongkan sebagai tindakan yang fatal dan berbahaya bagi kesehatan.

Apa yang terjadi ?

Sebenarnya sumber fatalitas yang berupa penyebaran penyakit dan bakteri bukan pada ayam yang sudah kita cuci bersih, namun pada saat kita membersihkan ayam segar dengan air kran ledeng menimbulkan cipratan air yang dapat menyebar kemana mana termasuk dinding tempat cuci, barang barang disekitar tempat cuci seperti serbet dan juga permukaan benda benda lain di sekitar tempat cuci.

Bakteri  yang tersebat  ini selanjjutnya akan mengkotaminasi sayuran segar atau bahan makanan segar lainnya  yang biasanya kita cuci di tempat yang sama.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh USDA menunjukkan bahwa 26% sayuran segar yang dicuci setelah tempat pencucian digunakan membersihkan ayam segar terkotaminasi (Sumber).

Sebagaimana yang kita ketahui daging ayam segar yang tidak dipotong dengan cara higeinis dan penanganan pasca pemotongan yang kurang baik mengandung paling tidak dua jenis bakteri yang berbahaya yaitu Salmonella dan Campylobacter

Kedua jenis bakteri ini sangat sulit untuk dibasmi karena dapat bertahan dengan baik di suhu rendah dan tinggi.  Artinya walaupun pembersihan ayam segar dengan air panas sekalipun bakteri ini dapat bertahan.

Pada saat kita membersihkan ayam ini ditempat pencucian inilah peluang kedua bakteri berbahaya ini menyebar melalui cipratan airnya akan semakin meningkat, sehingga bahan makanan lainnya yang kita cuci ditempat yang sama akan beresiko tinggi terkontaminasi.

Kedua bakteri ini memang berbahaya karena jika kita terkontaminasi maka akan menimbulkan sakit perut, diare, demam dan muntah muntah,

Dalam berbagai kasus orang yang terkontaminasi bakteri ini memang dapat pulih dalam beberapa waktu, namun kontaminasi ini dapat berakibat fatal bagi anak anak dan orang usia lanjut yang sistem kekebalan tubuhnya menurun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x