Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Mengenal Semut Drakula Makhluk Tercepat Dunia

12 Desember 2018   08:54 Diperbarui: 12 Desember 2018   09:22 397 10 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Semut Drakula Makhluk Tercepat Dunia
Semut Drakula makhluk tercepat di muka bumi. Sumber: Adrian Smith/SWNS.com

Banyak dintara kita yang mungkin pernah bertanya makhluk apa yang tercepat gerakannya di dunia ini?  

Jika kita berbicara manusia maka  Usain Bolt memang tercatat sebagai manusia tercepat di dunia dengan kemampuan kecepatan larinya mencapai 44,740 per jam pada 20 meter pertama larinya.

Usain Bolt memang sangat cepat larinya, namun jika dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya dia masih kalah sangat jauh.

Empat makhluk hidup lainnya yang gerakannya jauh lebih cepat dari Usain Bolt adalah Udang Mantis yang memiliki kecepatan memukul mangsa nya secepat 80,4672 km/jam, Cheetah  dengan kecepatan larinya mencapai 104,607 km/jam, ikan layar dengan kecepatan berenangnya mencapai   109,435 km/jam dan kelelawar Brazil dengan kecepatan berkelahinya mencapai 160,130 km/jam.

Melihat kecepatan makhluk hidup ini bergerak di darat ataupun di air memang sangat menakjubkan, namun ternyata mereka bukanlah mahkluk tercepat di muka bumi ini.  Pikiran kita mungkin terus melayang memikirkan burung yang jika menyerang mangsanya dari udara sangat cepat, namun burung karena di udara tidak masuk dalam kategori kecepatan di muka bumi.

Semut yang selama ini kita anggap  sebagai mahluk yang lamban  ternyata memegang rekor makhluk dengan gerakan tercepat di dunia.  Memang tidak semua semut namun hanya satu semut saja yang memegang gelar kehormatan ini yaitu semut drakula.

Kecepatan gerak rahang semut drakula untuk memukul sekaligus mematikan mangsa dan lawannya sangat luar biasa dan banyak orang yang tidak mempercayainya.

Para peneliti Amerika secara khusus mengamati keunikan kecepatan gerak capit rahang semut drakula ini dan mempublikasikan hasil penelitiannya di  the journal Royal Society Open Science.

Dengan menggunakan kamera khusus yang mampu mengabadikan 480.000 frames per detik mereka berhasil mengabadikan gerakan rahang semut drakula ini ketika memukul mangsanya yaitu rayap.  Kecepatan rahang semut drakula ini jauh melebihi makhluk lain di muka bumi ini yaitu dengan kecepatan mencapai 321,869 km per jam.  Dengan kecepatan ini mungkin burung sekalipun sulit mengalahkan kecepatan ini. (lihat videonya di sini)

Semut drakula dengan nama latin Mystrium camillae ini biasanya hidup di bawah tanah dengan mangsa utamanya rayap dan serangga lainnya.  Semut yang tampak lamban ini sebelum memangsa lawannya menggunakan senjata andalannya yaitu capit rahangnya untuk memukul mangsa hingga mati.

Setelah memukul mangsanya  semut drakula juga menggunakan sengatnya untuk memastikan mangsanya tidak berdaya lagi dan selanjutnya dibawa ke sarangnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN