Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Pesumo Itu Obese Namun Sehat

27 Mei 2018   08:06 Diperbarui: 27 Mei 2018   08:46 1754 19 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesumo Itu Obese Namun Sehat
Sebagian besar lemah tubuh pesumo ditumpuk di bawah kulit bukan di organ dalam. Photo: thedoctorweighsin.com

Bagi yang pernah menyaksikan pertandingan sumo tentu saja hal yang pertama kali terlintas dalam pikiran adalah ukuran tubuh pesumo yang besar,  gendut dengan ukuran perut yang luar biasa besarnya.  Mereka tidak saja  memiliki tinggi badan rata rata 185 cm, namun   juga memiliki berat badan umumnya rata rata 148 kg.

Sebagai contoh Ishiura  Masakatsu yang dianggap sebagai pesumo  memiliki ukuran tubuh paling kecil memiliki berat badan 114 kg, sedangkan Gagamaru memiliki berat 199 kg, yaitu hampr dua kali lipatnya.

Perbandingan ukuran tubuh pesumo Ishiura Masakatsu dengan bobot 114 kg dengan Gagamaru yang berbobot 199 kg. Photo: quora.com
Perbandingan ukuran tubuh pesumo Ishiura Masakatsu dengan bobot 114 kg dengan Gagamaru yang berbobot 199 kg. Photo: quora.com
Konishiki berbobot 275 kg. Phoro: Pintrest
Konishiki berbobot 275 kg. Phoro: Pintrest
Pesumo tidak saja diharapkan memiliki otot yang kuat namun juga ukuran perut yang besar.  Ukuran perut yang besar ini memiliki keuntungan tersendiri agar lawan tidak mudah meraih pegangan di sabuk yang dinamakan mawashi saat mereka berlaga ring yang dinamakan  dohyo.

Pesumo sehat?

Para pakar nutrisi sering mengkategorikan pesumo sebagai kelompok pengecualian yang disebut dengan obese namun sehat.  Mengapa demikian?

Pesumo yang masih aktif memang masuk kategori obese, namun karena mereka memiliki aktivitas latihan fisik yang sangat tinggi dan teratur, mereka ternyata memiliki akumulasi lemak visceral yang sangat sedikit, memiliki masa otot yang sangat besar serta  memiliki profil metabolism yang sehat.

Hasil penelitian yang membandingkan fatfree mass (FFM) dan komposisi tubuh dari pesumo, binaragawan dan orang biasa memang sangat menarik. Rataan persentase lemak pesumo, binarawan dan orang biasa masing masing adalah 26.1%, 10.9% dan  12.1%.  Namun hal yang sangat menarik adalah ternyata pesumo memiliki fatfree mass (FFM) yang tertinggi jika dibandingkan sekalipun dengan binaragawan.

Pola makan dan latihan fisik

Ukuran dan berat badan pesumo yang sangat besar ini memang sangat erat hubungannya dengan konsumsi kalori per harinya. Pada umumnya pesumo aktif mengkonsumsi makanan per hari nya dengan total kalori 20.000 kalori dan dilakukan dalam 2 kali waktu makan saja.  Artinya setiap kali makan pesumo mengkonsumsi 10.000 kalori.  Coba bandingkan dengan konsumsi laki laki normal per hari yang hanya 2.500 kalori saja.

Namun demikian ternyata pola diet pesumo tersebut sangat erat dengan makanan sehat seperti menghindari makanan yang sudah diolah dan makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Jadi dari segi nutrisi makanan yang dikonsumsi oleh pesumo ini walaupun dalam jumlah besar tergolong sebagai makanan yang sehat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x