Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Ayo Perbanyak Konsumsi Pisang

10 Oktober 2015   04:14 Diperbarui: 10 Oktober 2015   04:48 982 36 21 Mohon Tunggu...

Mengkonsumsi pisang yang kaya manfaat baik bagi kesehatan kita. Ilustrasi : http://previews.123rf.com

Siapa tidak kenal dengan buah yang satu ini? Pisang banyak sekali penggemarnya, disamping rasanya yang enak, pisang selama ini dikenal oleh masyarakat sebagai buah yang membantu memudahkan buang air besar.

Dari hasil penelitian, manfaat pisang tidak hanya memudahkan buang air besar namun memiliki segudang manfaat. Beberapa manfaat pisang terpenting adalah sebagai berikut :

  1. Pisang dapat berfungsi sebagai prebiotic dengan cara menstimulasi pertumbuhan bakteri “bersahabat” dalam usus besar kita. Disamping itu keberadaan bakteri “bersahabat” dalam saluran pencernaan kita akan menghasilkan ezim percernaan yang membantu penyerapan zat-zat makanan.
  2. Pisang ternyata dapat menkaunter depresi dan juga mood negatif karena adanya kandungan tryptophan pada pisang. Tyriptophan ini selanjutnya akan dikonversi menjadi serotonin yang berfungsi sebagai neurotransmitter yang memicu mood positif di otak kita.
  3. Pisang melindungi otot kita dari kram selama kita beraktivitas dan juga kram pada malam hari yang umumnya dialami oleh wanita yang sedang hamil.
  4. Pisang juga ternyata dapat berfungsi memperbaiki mood dan mengurangi gejala premenstrual syndrome (PMS) melalui mekanisme mengaturan gula darah dan mengurangi stress dan membuat kita lebih releks.
  5. Tingginya kandungan vitamin B6 pada pisang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan melindungi kita dari diabetes Tipe II, membantu menurunkan berat badan, memperkuat sistem syaraf pusat serta membantu produksi sel darah putih.
  6. Kandungan potassium pisang yang tinggi dan juga level garamnya yang rendah, membuat pisang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan melindungi kita dari serangan jantung dan stroke.
  7. Dengan memakan pisang kita dapat mengontrol kadal gula darah kita dan juga sangat membantu dalam program penurunan berat badan.
  8. Tingginya kandungan vitamin B pada pisang dan juga potassium serta magnesium membuat pisang sangat membantu orang yang baru berhenti merokok dan membantu mencegah kembali merokok.
  9. Pisang ternyata dapat juga mengobati kutil. Walaupun kelihatannya agak aneh namun ternyata hal ini terbukti. Coba Ambil sepotong kulit pisang dan tempelkan pada kutil.
  10. Pisang ternyata juga berfungsi sebagai anti asam lambung yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan rasa terbakar pada lambung kita.

Mengingat banyaknya manfaat buah yang satu ini, tampaknya kita sudah mulai memikirkan mengkonsumsi pisang secara teratur dan memasukkan pisang dalam menu keseharian kita. Ayo makan pisang ….

Sumber: Yahoo7lifestyle

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x