Mohon tunggu...
Muhammad Roihan Mahesa Putra
Muhammad Roihan Mahesa Putra Mohon Tunggu... Mahasiswa - roymahisa

notforpeople

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Negara Pancasila Sudah Final?

28 Oktober 2021   21:56 Diperbarui: 28 Oktober 2021   22:38 56 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ideologi Pancasila? Apakah Pancasila itu Ideologi? Sejak kapan istilah negara berideologi? Apakah pada jaman Ir. Soekarno Pancasila di sebut dengan ideologi? Sangat banyak sekali pertanyaan dan persoalan mengenai Ideologi Pancasila, mari kita jabarkan sedikit demi sedikit pembahasan tentang persoalan ini. 

Pada dasarnya Bung Karno tidak pernah menyebut istilah Ideologi Pancasila tapi Pancasila sebagai filosofikal atau dasar ideologi. 

Karena pada dasarnya juga ideologi ini bersifat komperhensif yang dimana artinya bisa mengatur segala hal sampai bisa mencapai ke soal-soal pandangan etis warga negara. 

Dan banyak sumber mengatakan bahwa ideologi itu bukan kepercayaan negara melainkan kepercayaan orang, terkait dengan judul pada tema kali ini merupakan sebuah statement dari Bapak Presiden yang saya ambil pada pidato tanggal 20 Juni 2020 yang menegaskan bahwasanya Pancisila tidak bisa diubah, namun pada konstitusi sendiri menjelaskan adanya sebuah keputusan untuk mengubah Pancasila karena di dalam konstitusi yang tidak dapat diubah hanyalah bentuk negara bukan Pancasila, bendera, Bahasa, lambang negara, dan jikalau disebut NKRI harga mati itu sebuah statement kurang tepat.

Di dalam Pancasila ada banyak maknanya mulai dari sejarahnya, nilai-nilai, cita-cita, budaya dan masih banyak lagi. Namun, Pancasila ini terbentuk karena adanya kesepakatan bersama tentang gambaran masa depan bukan atas dasar Ideologi sehingga dapat diajukan sebagai Ideologi negara. 

Karena Pancasila bilamana membahas tentang kontradiksi sangatlah rumit dan bermacam-macam dengan adanya keterkaitan antar satu dengan yang lain. 

Dapat disimpulkan bahwa beragkatnya saja semua ini bangsa yang sekarang kita hidup ini merupakan kesepakatan bersama untuk dapat hidup bersama yang di ikat dalam tali kebangsaan. Dan ikatan dalam tali kebangsaan ini agar bisa sama  itulah sesungguhnya consensus atau kesepakatan. 

Dan pembahasan Pancasila ini akan diganti itu adalah persoalan bersama lagi dimana harus adanya keputusan bersama yang disepakati. Dapat kita tarik kesimpulan dari kotradiksi ini mengenai Idelogi Pancasila yakni Pancasila memang bukanlah Ideologi negara, tapi dapat di jadikan sebagai prinsip, cara pandang, serta dasar bernegara dan berbangsa yang telah disepakati bersama.

Bicara tentang Ideologi Pancasila menurut banyak ahli bahwasanya Pancasila adalah salah satu ideologi yang dianut oleh bangsa Indonesia. 

Pancasila sebagai ideologi dikarenakan Pancasila memiliki nilai-nilai luhur budaya dan religius bangsa Indonesia. Sebagai Ideologi bangsa Pancasila di guakan sebagai pandangan hidup dimana harus di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Beberapa contoh penerapan Pancasila sebagai ideologi dalam kehidupan sehari-hari antara lain adalah jiwa saling membantu sesame dalam hal kebaikan, kebiasaan bergotong royong di masyarakat dan saling menghormato hak dan kewajban orang lain serta menjunjung nilai persatuan dan kesatuan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan