Mohon tunggu...
Rosyidah Himawati
Rosyidah Himawati Mohon Tunggu... Guru - Be yourself

Kesempatan akan selalu ada jika kita bersungguh-sungguh untuk mendapatkannya.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Asyik Belajar dengan Lagu Berbahasa Inggris

22 Oktober 2021   22:50 Diperbarui: 22 Oktober 2021   23:09 36 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Musik dan lagu merupakan bahasa universal yang mudah diterima, dimengerti, dan disuakai semua kalangan. Semua orang bisa dengan mudah menikmati dan menerima musik dan lagu meskipun berasal dari daerah atau negara yang tidak dikuasai bahasanya. Namun selama ini musik dan lagu lebih banyak berperan sebagai hiburan dan selingan. Musik dan lagu belum dimanfaatkan secara optimal sebagai media pembelajaran.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sangat patut dikuasai oleh publik supaya mereka bisa berkomunikasi secara global. Bahasa Inggris digunakan jutaan orang di dunia setiap saat, baik digunakan secara formal maupun informal, digunakan secara resmi dalam kegiatan kenegaran, dunia kerja mauapun dunia pendidikan, serta didunakan secara tidak resmi di lingkungan sosial.

Karena pentingnya Bahasa Inggris dalam pergaulan internasional, pemerintah Indonesia memasukkan Bahasa Inggris dalam Kurikulum Pendidikan Nasional. Dengan dimasukkannya dalam kurikulum, diharapkan anak-anak Indonesia bisa lebih dini mengenal dan menguasai Bahasa Inggris sebagai bekal untuk berkomunikasi secara global.

Karena Bahasa Inggris merupakan bahasa asing di negara kita, tentu tidak mudah bagi para siswa untuk bisa menguasai debgan baik dan cepat. Sebagian besar siswa juga beranggapan jika Bahasa Inggris merupakan pelajaran yang sulit. Oleh sebab itu, guru berperan sangat besar untuk menyiapkan cara dan media pembelajaran Bahasa Inggris yang efektif dan menyenangkan. Dan salah satu media yang efektif dan menyenangkan adalah dengan menggunakan musik dan lagu berbahasa Inggris.

Lagu berbahasa Inggris merupakan sumber yang sangat tepat untuk mengenali kata-kata yang biasa digunakan dalam bahasa. Lagu bisa membantu siswa menangkap tata bahasa dan kosa kata, pengucapan, serta meningkatkan ketrampilan menulis. Lagu juga menunjukkan bahasa yang digunakan sehari-hari karena lagu biasanya menggunakan bahasa terbaru yang banyak memiliki kosa kata, kalimat maupun peribahasa yang berguna. 

Melalui lagu berbahasa Inggris, siswa tidak hanya akan semaki familiar dengan bunyi Bahasa Inggris, melainkan juga membuat mereka berfokus pada pelafalan dan pengertian terhadap ritme, nada dan intonasi Bahasa Inggris. Banyaknya pengulangan kata-kata dan pola bunyi dalam lagu membuat siswa menjadi lebih cepat menangkap bahasa tersebut dan tersimpan dalam otak mereka. 

Dengan memilihkan lagu yang tepat sesuai materi yang dibahas, pembelajaran Bahasa Inggris akan menjadi lebih efektif dan menyenangkan dan membuat siswa berpikir bahwa pelajaran Bahasa Inggris bukanlah pelajaran yang sulit seperti yang mereka bayangkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan