Mohon tunggu...
rosmalia putri
rosmalia putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNJ

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Pendidikan IPS dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial

1 Januari 2023   13:14 Diperbarui: 1 Januari 2023   13:21 1071
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oleh : 

1. Jundana Yahya Anas (1405620032)

2. Rosmalia Putri Handayani (1405620089)

3. Tamara Fitri Cahyani (1405620041)

Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan, manusia dapat menjalankan kehidupannya dengan lebih baik. Menurut Somantri (2001: 56), menegaskan bahwa education as power yang bisa meningkatkan kualitas hidup, bahkan sebagai director of power. Selain itu, pendidikan juga dapat dikatakan sebagai suatu proses untuk memanusiakan manusia.

Pada era globalisasi seperti saat ini, telah banyak segala aspek yang sudah merambah ke kehidupan manusia. Pengaruh tersebut memunculkan banyak masalah sosial yang dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari dan akhirnya menimbulkan kekhawatiran yaitu seperti sikap individualis, egois, rendahnya empati, kurangnya rasa tanggung jawab, kurang kerjasama dan berinteraksi di dalam kehidupan bermasyarakat.

Permasalahan sosial dikalangan peserta didik merupakan masalah yang harus diselesaikan oleh seluruh kalangan, termasuk dalam institusi pendidikan yaitu sekolah. Dalam proses pembelajarannya, peserta didik dituntut untuk dapat menanamkan keterampilan sosial dalam hidup bermasyarakat. Tentu hal ini menjadi sebuah tanggung jawab sekolah agar mampu mempersiapkan siswa dapat berpartisipasi aktif di era globalisasi.

Dalam pembelajarannya agar peserta didik dapat menanamkan sikap keterampilan sosial, hal ini bisa didapatkan dari mata pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). IPS adalah bagian penting dari pembelajaran di sekolah yang berfungsi untuk menanamkan sikap peserta didik agar memelihara martabat masyarakat melalui pendidikan nilai, Fokus dalam pendidikan IPS ini ialah pada nilai kemanusiaan dalam suatu tatanan dan hubungan baik manusia antar manusia maupun manusia dengan lingkungannya.

Pendidikan IPS itu sendiri memiliki tujuan dan fungsi penting yaitu memunculkan keterampilan yang harus dimiliki siswa di era globalisasi, termasuk keterampilan sosial, termasuk keterampilan kolaboratif, keterampilan interpersonal, keterampilan interaksi sosial dan antarbudaya, Tanggung jawab pribadi dan sosial, interaksi, literasi budaya dan kesadaran global.

Dalam sistem pendidikan kita pengajaran IPS diajarkan dari mulai tingkatan Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Sudah barang tentu ada perbedaan penekanan sesuai dengan levelnya. IPS, khususnya di Sekolah Dasar, diperlukan untuk menumbuhkan kemampuan siswa, keberanian, dan imaginasi yang dapat membawa mereka ke suatu tindakan yang didasari atas pertimbangan personal dan sosial. Dari sejak dini proses belajar mengajar harus dikembangkan secara sistematis untuk membekali kemampuan pengamatan siswa yang terorganisir, dan membentuk konsep yang terstruktur yang didasarkan atas ilmu-imu sosial. (Depdikbud, 1994).

Banyak keterampilan yang harus dikuasai oleh setiap warga negara Indonesia, termasuk siswa di zaman ini, berimplikasi pada dunia pendidikan yang dapat mempersiapkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam masyarakat global. Meitri Group mengemukakan empat keterampilan utama pada era globalisasi sekarang ini yaitu meliputi literasi zaman digital, berpikir inventif modal intelektual, komunikasi interaktif keterampilan sosial dan personal, dan hasil-hasil berkualitas dan terkini (Ginanjar, 2016). Dengan banyaknya keterampilan yang harus dikuasai, sekolah terpaksa menyesuaikan proses pembelajaran agar siswa dapat menguasai beberapa keterampilan yang diperlukan untuk kehidupan masyarakat di zaman sekarang yang meliputi perilaku sosial dan tanggung jawab sosial dengan meningkatkan keterampilan sosial dan kompetensi sosial siswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun