Mohon tunggu...
Rosidin Karidi
Rosidin Karidi Mohon Tunggu... Orang Biasa

Dunia ini terlalu luas untuk ku. Menjadikan sadar semakin sedikit yang ku tahu.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Alhamdulillah, Kepuasan Jemaah Haji Indonesia Kembali Sangat Memuaskan

18 Oktober 2019   15:36 Diperbarui: 18 Oktober 2019   15:49 0 0 0 Mohon Tunggu...
Alhamdulillah, Kepuasan Jemaah Haji Indonesia Kembali Sangat Memuaskan
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bercengkerama bersama jemaah haji saat di Arafah (dokpri)

Untuk kedua kalinya, Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) mencapai tingkat Sangat Memuaskan. Begitulah hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) selama musim haji 2019 yang diumumkan kemarin siang.

IKJHI tahun ini mencapai angka 85,91, melewati angka 85 yang menurut takaran BPS batasan kategori antara Memuaskan ke Sangat Memuaskan. Angka ini sedikit lebih tinggi dari hasil survei tahun sebelumnya 2018, sebesar 85,23. Namun keduanya tetap Sangat Memuaskan.

Survei dilakukan selama kurun waktu 2 bulan di Tanah Suci, melibatkan 14.400 jemaah haji sebagai responden. Melalui metode sampling, sehingga mewakili jemaah di setiap daerah kerja, sektor, dan kloter. Selama survei jemaah ditanya meliputi tujuh jenis layanan, yakni Petugas, Ibadah, Akomodasi, Katering, Transportasi, Kesehatan, dan Pelayanan lainnya.

Alhamdulillah, selama penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, relatif tidak ada masalah mencolok. Meski sebelumnya sempat terjadi kekhawatiran karena adanya penambanhan kuota. Namun pada akhirnya semua berjalan baik dan setiap pelayanan tetap mendapat apresiasi dari jemaah.

Layanan bis shalawat sementara masih menjadi primadona jemaah. Bis shalawat merupakan fasilitas transportasi yang melayani jemaah dari hotel menuju Masjidil Haram. Jadi meskipun jarak hotel dengan Masjidil Haram berkilometer, terasa nyaman bagi jemaah karena ada bis antar jemput yang beroperasi 24 jam sehari. Angka kepuasan jemaah atas layanan bis shalawat paling tinggi, mencapai 88,05.

Rilis Indek Kepuasan Jemaah Haji Indonesia dari Badan Pusat Statistik
Rilis Indek Kepuasan Jemaah Haji Indonesia dari Badan Pusat Statistik
Layanan ibadah yang menjadi inti dari penyelenggaraan ibadah haji, dinilai sangat memuaskan oleh jemaah. Kehadiran rutin konsultan ibadah disetiap sektor dan hotel, memberikan kenyamanan dan membuat jemaah semakin mantap dalam beribadah.

Kepuasan jemaah terhadap layanan katering pun sangat tinggi. Dengan adanya layanan ini, jemaah tidak lagi direpotkan mencari makanan atau memasak sendiri. Waktunya bisa menambah untuk ibadah yang memang menjadi tujuan utama mereka di Tanah Suci.

Pemberlakuan katering dengan menu sistem zonasi, meski sedikit, ternyata dapat mendongkrak kepuasan jemaah. Kenaikan tipis, dari sebelumnya di angka 86, 91 tahun 2018 menjadi 87,72 tahun 2019 ini.

Sebagaimana diketahui, hasil evaluasi cita rasa katering tahun sebelumnya, sebagian jemaah keluhkan menu yang kurang seiring rasa lidah. Mereka merasakan menu yang cenderung konsisten seputar ayam, dan inginkan perbaikan menu asal daerahnya. Sedikit mengobati rasa rindu kampung halaman.

Sejalan dengan perbaikan layanan sektor, yang menempatkan jemaah satu provinsi pada wilayah tertentu di Mekah. Selain kemudahan penanganan mobilisasi jemaah dan mempererat tali silaturahmi, sistem ini dinilai mampu menopang kebijakan zonasi katering. Sehingga distribusi katering dari perusahaan akan lebih mudah.

Lain halnya dengan perbaikan layanan tenda di Arafah dan Mina. Padahal Kementerian Agama telah berupaya menambahkan fasilitas pendingin udara, kecukupan penerangan, dan kecukupan minum di sekitar tenda. Memberikan tanda dan identitas setiap tenda, guna mempermudah jemaah kenali tendanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x