Mohon tunggu...
Roshanfajar Rosmananda
Roshanfajar Rosmananda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Sedang dalam proses pembelajaran

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembaharuan Data PMKS di Kelurahan Pasteur

17 Agustus 2022   04:18 Diperbarui: 17 Agustus 2022   04:24 62 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Adaptasi Peranan Suami pada Keluarga  merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menghubungkan pribadi pada masyarakat yang besar, keluarga terdiri atas suami, isteri, dan anak yang tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Di dalam keluarga akan terbentuk peranan-peranan keluarga. Peranan akan dijalankan masing-masing individu sesuai dengan kedudukannya. Keluarga yang ditinggal oleh salah satu anggota keluarganya akan mengalami masalah ketidakseimbangan.

 kemiskinan merupakan permasalahan yang hingga saat ini masih belum bisa diatasi secara efektif.

Ada berbagai macam masalah dalam kehidupan sosial di negara Indonesia salah satunya yaitu PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) dengan kata lain seseorang, keluarga ataupun kelompok masyarakat yang mendapat suatu hambatan, kesulitan atau gangguan, dengan itu maka tidak dapat melaksanakan sosialnya, sehingga memiliki dampak pada kehidupan berupa kebutuhan hidup(jasmani, rohani, dan sosial) yang tidak terpenuhi.

Berpadu pada Kementrian Sosial Repubik Indonesia, saat ini telah tercatat ada 26 jenis PMKS dengan batasan pengertian dan kriteria sebagai berikut: 

1. 

Saat ini penulis masih menjadi mahasiswa aktif dan memiliki peranan penting dalam proses pembaharuan data lapangan terkait dengan data PMKS di kelurahan Pasteur, dalam memenuhi tugas KKN (kuliah kerja nyata) dengan sub-tema Desa Kemiskinan.

Penulis diberikan kesempatan untuk terjun langsung ke lapangan, maka dengan itu penulis dapat bertemu dengan beberapa individu maupun keluarga yang terdaftar sebagai PMKS. Sesuai dengan rujukan dari pihak kelurahan penulis memulai aktivitas pembaharuan data selama 3 hari dimulai sejak senin 25 juli 2022(1), 26 juli 2022(2) dan 29 juli 2022(3).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan