Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Perencana Keuangan - Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Italia Negeri Seribu Terowongan

31 Juli 2015   11:08 Diperbarui: 13 April 2016   16:38 2722
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di negara kita terlihat banyak sekali bukit berbaris sepanjang kepulauan. Di Sumatera bernama Bukit Barisan. Sepanjang perjalanan menuju Sumatera Utara, berbaris perbukitan yang harus dilalui. 

Kemungkinan, kota yang menjadi tujuan kita berada di balik bukit, tapi karena belum ada jalan tembus, kita harus mengambil jalan yang ada, yaitu mengelilingi perbukitan. Tidak jarang harus melalui tepi jurang yang dalam untuk dapat sampai tempat tujuan.

Sering kali terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya karena jalan licin atau longsor, kendaraan jatuh ke jurang. Sepanjang jalan tak ada ditemui terowongan yang dibuat untuk menembusi bukit tersebut atau jalan pintas supaya aman dan dekat. Aman karena terhindar dari jurang serta jarak yang dipersingkat bila sekiranya ada terowongan.

 

Italia negeri seribu terowongan (doc.Roselina)

Orang Italia yang datang ke Indonesia bertanya kenapa Indonesia tidak membuat terowongan supaya lebih praktis dan lebih aman? Hal ini tidak diketahui sebabnya karena yang buat jalan di zaman adalah orang Belanda dan Jepang. Pembuatan terowongan lebih membutuhkan biaya yang besar barangkali maka dibuatlah jalan yang menelusuri pinggir bukit atau gunung untuk mencapai kota tujuan, yang mungkin hanya ada di balik bukit atau gunung.

Melintasi Negeri Seribu Terowongan

Ketika kami berangkat dari Padova menuju Milano dan Roma serta terus ke Briatico melalui banyak sekali terowongan. Tidak jarang, serasa baru saja sekejab keluar dari terowogan dan tahu-tahu di depan mata sudah ada lagi terowongan lainnya. Namun, ternyata keberadaan terowongan ini dirasakan sangat bermanfaat karena jauh lebih cepat sampai tujuan dan lebih aman dari lereng yang curam. Saking banyaknya terowongan, tidaklah berlebihan bila dikatakan Italia negeri seribu terowongan.

Terowongan ini ada yang pendek dan ada juga yang panjang. Terowongan yang terpanjang di Italia adalah terowongan Apennine yang panjangnya 18,618 km. 

Terowongan ini merupakan terowongan kedua terpanjang di dunia. Walaupun saya belum melalui terowongan terpanjang ini, rasanya akan jauh lebih praktis dan lebih aman berjalan di dalam terowongan ketimbang berjalan di lereng gunung atau bukit yang curam dan terjal, seperti yang biasa kami lalui di kampung di Pulau Sumatera.

Umumnya terowongan ini satu arah saja dan berjejer sebelah-menyebelah untuk pulang-pergi perjalanan. Pada umumnya satu kota ke kota lain selalu dihubungkan dengan terowongan yang mana tergantung banyaknya bukit atau gunung, maka terdapatlah beberapa terowongan. Kadang kala baru keluar dari satu terowongan kita harus memasuki lagi terowongan yang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun