Mohon tunggu...
Roselina Tjiptadinata
Roselina Tjiptadinata Mohon Tunggu... Bendahara Yayasan Waskita Reiki Pusat Penyembuhan Alami

ikip Padang lahir di Solok,Sumatera Barat 18 Juli 1943

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Menuai Apa yang Kita Tabur (Seri 98)

31 Mei 2021   04:35 Diperbarui: 31 Mei 2021   06:21 257 49 30 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menuai Apa yang Kita Tabur (Seri 98)
Berfoto di Prasasti Herritage Circle (dok pribadi)

Suatu waktu  kami memanfaatkan transportasi umum dengan menumpang Kereta Api di Stasiun  Joondalup Setibanya di Perth  Central Train Station, kami turun  Dan dari sini  rencana mau melanjutkan perjalanan ke Victoria Park. 

Saat berjalan kami melihat dilantai menuju ruang  tunggu kereta api, tampak  ada tulisan yang yang terpahat dan dapat dibaca dengan jelas. Ternyata tulisan tersebut adalah catatan mengenai protes besar besaran yang pernah terjadi  Yang intinya menuntut Pemerintah Australia mengenai tranportasi kereta api antara Perth ke Fremantle, kota tua agar dibangun kembali. Akhirnya tranportasi Perth ke Fremeantle pulih kembali sebagai mana biasanya. Hal yang merupakan pengalaman pertama yang saya saksikan. Sangat sederhana tapi mengabadikan berbagai peristiwa sebagai catatan berharga bagi masyarakat. 

Prasasti yang terdapat dilantai gedung stasiun kereta api (dok pribadi)
Prasasti yang terdapat dilantai gedung stasiun kereta api (dok pribadi)

Melihat adanya prasasti yang demikian ,saya teringat dinegara kita kalau mau buat prasasti membutuhkan jutaan uang kita baru bisa dibangun satu prasasti dengan upacara tertentu . Tetapi di Australia , mereka mengukir prasasti dengan ukiran biasa saja dan meletakkan dimana bisa dibaca oleh setiap orang yang lewat.

Terpikir oleh saya,seandainya kalau di Indonesia hal ini dapat diterapkan, maka ada banyak peristiwa yang dapat diabadikan  Hal yang tampak sepele tapi  banyak kejadian yang bersejarah dapat kita abadikan dengan biaya yang tidak memerlukan jutaan rupiah dan menunggu diresmikannya. Mengingat setiap ada acara seremonial menghabiskan dana yang tidak sedikit .

Salah satu contoh prasasti yang dipahat didinding(dok pribadi)
Salah satu contoh prasasti yang dipahat didinding(dok pribadi)

Selain prasasti yang bertebaran dimana mana ada juga prasasti seperti dinegeri kita yaitu kejadian atau bangunan yang pertama didirikan umpamanya The Circle Herritage Building yang terdapat di taman  Burswood dan banyak yang lainnya lagi.Herritage Building  ini letaknya cukup jauh dari lapangan pakir kendaraan,sehingga harus berjalan kaki untuk sampai kesana. Tapi sekaligus merupakan kesempatan untuk olahraga jalan kaki 

Kami datang pagi pagi sekali dihari minggu, karena kalau sudah siang tidak dapat tempat untuk pakir kendaraan.Umumnya warga berkunjung merupakan tempat rekreasi dan sekaligus merupakan tempat berolah raga berjalan kaki.

tempat kaum muda berolah raga jalan kaki(dok pribadi)
tempat kaum muda berolah raga jalan kaki(dok pribadi)

Menurut tulisan yang terdapat di prasasti   tercatat bangunan ini terdiri dari bahan perungu dan besi beton sebagai penyanggahnya. Tinggi 2,5 meter dan lebar  3 meter dan diresmikan oleh Walikota Kota Victoria Park,  Mick Lee, OAM, JP.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN