Mohon tunggu...
Rosa Maria
Rosa Maria Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ekonomi - Universitas Diponegoro

Saya menyukai hal yang berbau politik dan matematika

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Punya Usaha Sendiri, Tapi Pendapatan Tidak Bertambah? Mahasiswa KKN Melakukan Sosialisasi Pemberdayaan UMKM Melalui E-Commerce

12 Agustus 2022   03:47 Diperbarui: 12 Agustus 2022   04:05 55 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kelurahan Gemah, Pedurungan, Semarang (23/7/2022) - Pelaksanaan Program Kerja KKN TIM II UNDIP.

Poin penting dalam mewujudkan visi perguruan tinggi tidak lepas dari yang namanya Tri Dharma perguruan tinggi, yang mana salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Berkaitan dengan visi tersebut,  Universitas Diponegoro  tiap tahun akan meluncurkan mahasiswanya untuk mengabdi kepada masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN), seperti halnya saat ini.  Saat ini Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan KKN di berbagai desa, salah satunya Kelurahan Gemah yang berada di Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang. KKN ini dilaksanakan dengan tujuan membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi melalui program kerjanya baik secara kelompok dan individu dalam jangka waktu 5 Juli hingga 18 Agustus 2022.

Jika melihat dari keantusiasan masyarakat Gemah, kelurahan tersebut sudah cukup maju jika dibandingkan kelurahan lain, Akan tetapi dibalik keantusiasan tersebut, masih ada permasalahan yang dialami oleh masyarakatnya. Salah satunya mengenai pemberdayaan usaha kecilnya. Pihak Kelurahan telah melalukan berbagai cara untuk membantu pemberdayaan usaha kecil warga masyarakat Gemah melalui sosialisasi di Kantor Kelurahan. Akan tetapi, masyarakat tersebut masih mengalami kebingungan dengan apa yang disampaikan, bagaimana cara penggunaan, dan hal lainnya, hal ini dikarenakan sosialisasi diberikan hanya melalui lisan saja tanpa praktik secara nyata.

Jika dilihat dari usaha yang dimiliki, masyarakat Gemah memiliki banyak usaha sendiri, seperti batik dan rajut. Usaha tersebut cukup bersaing di dunia pemasaran, khususnya digital, tetapi masih lemah dalam teknik pemasarannya. Hal ini tentunya menjadikan warga Gemah sulit untuk mendapatkan penghasilan yang kian meningkat jika dipasarkan hanya berada di daerah tersebut. Maka dari itu, menilik dari permasalahan masyarakat Gemah mengenai pemberdayaan usahanya, mahasiswa KKN TIM II melakukan pendampingan secara langsung kepada pemilik usaha mengenai pengenalan aplikasi Instagram untuk membantu pemasaran produk. Instagram saat ini merupakan salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk berbisnis karena kebanyakan penggunanya masih produktif. Dalam melakukan pendampingan, mahasiswa KKN memberikan modul berupa materi, memberikan video penjelasan mulai dari pendaftaran hingga pemasaran produknya. Mahasiswa juga memberikan kesempatan kepada pelaku usaha untuk menggunakan secara mandiri aplikasi tersebut sesuai dengan modul yang diberikan.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Pelaku usaha sebelumnya melakukan pemasaran secara langsung yang berimplikasi kepada pasar yang kecil dengan pendapatan yang juga kecil. Dengan adanya pendampingan ini, masyarakat Gemah yang memiliki usaha semakin terbantu dalam pemasaran produknya dan memiliki pengetahuan yang lebih mengenai  cara penggunaan sosial media dengan baik sehingga mampu bersaing. Mereka dapat masyarakat secara luas dan tentunya akan menghemat baik biaya waktu, dan tenaga, yang akan berdampak sacara langsung terhadap pendapatan mereka. Selain itu, pelaku usaha akan semakin kreatif dalam pembuatan usahanya dikarenakan dapat mengobservasi pasar digital sehingga produk yang dihasilkan bervariasi dan semakin bersaing sesuai dengan usaha mereka.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Melalui kegiatan ini, harapannya masyarakat Gemah semakin berani untuk memasarkan produknya melalui platform yang ada sehingga dapat bersaing di dunia digital dan pendapatan masyarakat meningkat dan tentunya berdampak pada kelurahan Gemah yang akan semakin maju dan penuh inovasi.

Penulis: Rosa Maria Simanjuntak – 12020119130069 – Fakultas Ekonomika dan Bisnis - Ekonomi

DPL: Dr. Ir. Wahju Krisna Hidajat, M.T.

Lokasi: Kelurahan Gemah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan