Mohon tunggu...
Teknologi

Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi di Dunia

26 September 2018   23:36 Diperbarui: 26 September 2018   23:56 0 0 0 Mohon Tunggu...

Seiring perkembangan zaman khususnya dalam dunia teknologi komunikasi terus mengalami perubahan dari masa ke masa, mulai dari zaman pra sejarah sampai di era modern seperti saat ini. Pada zaman modern seperti saat ini teknologi komunikasi sangat cepat mengalami perkembangan yang semakin canggih, yang mempermudah manusia untuk berkomunikasi, sehingga membantu manusia dalam mengerjakan suatu hal dalam segala aspek kehidupan.

Dalam dunia perkembangan teknologi komunikasi itu sendiri tidak lepas dari sejarah yang telah dilalui oleh para ilmuan dalam mengembangkan teknologi. Pada masa prasejarah (3000 SM) teknologi komunikasi mulai diciptakan. Manusia sudah mulai mencoba berkomunikasi dengan simbol-simbol dan isyarat. Hal ini merupakan titik awal perkembangan teknologi komunikasi. Perkembangan teknologi selanjutnya, yaitu dengan diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, serta isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya. Teknologi komunikasi tersebut semakin berkembang mulai dari menggunakan burung merpati, telegraf, telegram, surat-menyurat hingga email yang kemudian semakin berkembang pesat menjadi telefon, dll.

Merpati adalah salah satu alat komunikasi mengantar surat atau pesan, Merpati dipilih karena burung ini pintar, memiliki daya ingat kuat, kemampuan navigasi dan naluri alamiah untuk kembali ke sarang, metode ini berasal dari orang-orang Persia yang melatih burung-burung merpati. Pertama kali digunakan oleh Sultan Bagdad, Nuruddin (1416) untuk mengirimkan pesan sekitar kerajaannya. Orang Romawi menggunakan merpati pos untuk mengirim pesan kepada pasukan militernya. Orang Yunani memberitahukan pemenang olimpiade melalui merpati pos. pada masa perang dunia pertama (1914-1918) pun pasukan Amerika menggunakan permati pos untuk komunikasi.

Telegraf merupakan alat untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. Alat ini ditemukan oleh seorang warga Amerika, Samuel F.B. Morse bersama asistennya Alexander Bain pada tahun 1837. pesan pertamanya dikirim pdaa 6 Januari 1838. pesan yang dikirimkan oleh perator menggunakan kode morse. Pesan ini sering dinamakan pesan kabel atau kawat. Media ini sangat efektif dan dulu menjadi primadona meskipun yang bisa mengirim dam menerima hanyalah orang yang paham kode Morse.

Penemuan telepon dipicu oleh permintaan penggunaan telegraf yang semakin berkembang dan meningkat. Telephon pun ditemukan pada sekitar tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell. Di Indonesia telephon lokal pertama digunakan sejak 16 Oktober 1882 yang diselenggarakan pihak swasta. Jaringan telephon pertama ini menghubungkan Gambir dan Tanjung Priok (Batavia). Selanjutnya jaringan telephon dibuat di kota-kota besar lainnya. Tahun 1906, perusahaan jaringan telephon diambil alih dan dikelola Pemerintah Hindia Belanda melalui PTT (Post, Telegraf, Tetephon) Dienst.

Telegram baru dipopulerkan pada tahun 1920-an. telegram barisi kombinasi kode yang ditransmisikan oleh telegraf. Telegram ini tarif mengirimannya lebih murah dari telephon, meskipun tarifnya dihitung berdasarkan jumlah karakter termasuk tanda baca. Namun waktu yang dibutuhkan pun sangat singkat, kurang dari satu hari, tidak seperti surat. Di Indonesia, telegram dipopulerkan oleh perusahaan Telkom. Ada dua jenis telegram, telegram biasa dan Indah. Tetegram biasa berwarna biru muda, sedangkan telegram indah biasa dikirmkan pada hari-hari khusus seperti hari raya ratau tahun baru.
Berdasarkan teori "The Historical Context Internasioanal Communication" pentingnya mengetahui sejarah perkembangan teknologi komunikasi saat ini, dari berbagai jenis alat komunikasi dari pra sejarah hingga di masa modern saat ini. Kita menjadi paham akan sejarah perkembangan teknologi yang semakin cepat dan semakin canggih.

Sumber : http://chrezsoft.blogspot.com/2012/12/sejarah-perkembangan-alat-komunikasi.html