Mohon tunggu...
Rosa Fawassyada
Rosa Fawassyada Mohon Tunggu... mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakrta

hobi membaca dan mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Produk-produk Asuransi Syariah

26 Mei 2023   22:35 Diperbarui: 26 Mei 2023   22:57 173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ANALISIS IMPLEMENTASI PEMASARAN PRODUK ASURANSI PADA  ASURANSI JIWA SYARIAH BUMIPUTERA 1912 KPS MEDAN

Oleh :

NURMALINDA SIREGAR

Program Studi  ASURANSI SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA

MEDAN

di riview oleh :

Rosa Fawasyada 202111005

Pendahuluan

Asuransi adalah lembaga non bank, terorganisir secara rapi dalam bentuk sebuah perusahaan yang berorientasi pada aspek bisnis secara nyata dalam era modern. Seiring dengan semakin meningkatnya aktivitas ekonomi, semakin tinggi pula tingkat risiko yang harus ditanggung oleh masyarakat. Maka dari itu, perlulah sebuah lembaga yang dapat meminimalisir hal itu, yaitu lembaga asuransi[1]. Dengan adanya asuransi dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk meminimalisir resiko karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan, keuntungan yang diharapkan.

Produk asuransi syariah sebenarnya sudah banyak dan diketahui oleh sebagian masyarakat Indonesia, tapi mungkin hal ini tidak dikenal  luas karena kurangnya promosi dan marketing yang lebih menjangkau masyarakat muslim di Indonesia. Selain itu kompetitor ataupun produk dari asuransi konvensional jelas sudah tumbuh lebih banyak lagi dan lebih menjangkau dari segi ekonomi, oleh karenanya diperlukan konsep konsep produk asuansi syariah yang baru guna menimbulkan efek kesadaran dan penyegaran bagi masyarakat dalam memilih asuransi sehigga asuransi syariah lebih diminati oleh khalayak.

 

Alasan mengapa memilih judul skripsi yang di pilih

 

Saya memilih judul skripsi tentang produk-produk asuransi syariah karena ingin mengetahui apa saja produk-produk asuransi syariah yang ada disana dan bagaimana pemasaran produk yang sudah dilakukan Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Kps Medan, serta tantangan apa saja yang dihadapi ketika melakukan pemasaran produk-produk asuransi syariah. Selain itu untuk mengetahi apakah produk-produk tersebut sudah adanya Prinsip-prinsip Syariah: Produk asuransi syariah didasarkan pada prinsip-prinsip syariah Islam, yang melarang riba (bunga), gharar (ketidakpastian), dan maysir (perjudian). Prinsip-prinsip ini mengarah pada pengembangan produk asuransi yang adil, transparan, dan berorientasi pada kepentingan bersama.  Prinsip-prinsip asuransi syariah juga harus menekankan pada keadilan dan transparansi dalam pembagian risiko dan keuntungan. Dalam asuransi syariah, nasabah dan perusahaan asuransi berbagi risiko dan hasil secara adil sesuai dengan kesepakatan. Nasabah tidak hanya menjadi pemegang polis, tetapi juga memiliki kepentingan sebagai pemilik dana. Hal ini memberikan kepercayaan kepada nasabah bahwa mereka tidak hanya menjadi objek bisnis, tetapi juga bagian dari proses yang adil dan saling menguntungkan.

Pembahasan hasil review  

Dari skripsi yang ditulis oleh Nurmalinda Siregar yang berjudul "Analisis Implementasi Pemasaran Produk Asuransi Pada Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 Kps Medan". Dijelaskan ada beberapa produk asuransi syariah yang ada di Asuransi syariah Bumiputera 1912 Kps Medan, diantranya adalah :

1. Produk Asuransi Jiwa Syariah Mitra Mabrur Plus

Program asuransi ini menggabungkan unsur tabungan dan perlindungan asuransi. Serta ditujukan untuk melaksanakan niat suci anda menunaikan ibadah haji.

2. Produk Asuransi Jiwa Syariah Mitra Iqra Plus

Mitra iqra plus dirancang khusus untuk menjadi mitra belajar untuk pendidikan anak. Melalui program ini, pendidikan anak dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, baik dalam keadaan kedua orang tua masih hidup atau telah meninggal dunia. Asuransi ini dirancang untuk memberikan perlindungan dan membiayai pendidikan bagi anak-anak hingga akhir pendidikan sang anak.

3. Produk Asuransi Jiwa Syariah Assalam Familiy

Produk asuransi ini merupakan produk asuransi jiwa syariah dengan unsur tolong menolong peserta asuransi dalam mengurangi resiko finansial akibat musibah kematian. Produk asuransi jiwa syariah bersama Assalam Family memberikan manfaat seperti perlindungan jiwa dan manfaat hasil investasi yang kompetitif.

4. Produk Asuransi Jiwa Syariah BP-Link Syariah

Merupakan program asuransi jiwa syariah berbasis investasi yang maksimal, fleksibel dan dikelola oleh manager investasi profesional serta alternatif perlindungan tambahan sesuai kebutuhan nasabah. Mulai dari asuransi jiwa, rawat inap, pengobatan penyakit kritis sampai jaminan apabila nasabah tidak produktif.

 Dari hasil penelitian dapat ditemukan bahwa Pemasaran Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera KPS Medan dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip syariah diantaranya jujur artinya tidak berbohong atau melakukan kecurangan dalam melakukan pemasaran produk asuransi. Amanah, artinya produk yang ditawarkan dapat dipercaya kualitas dan kuantitasnya oleh peserta asuransi. Produktif artinya tenaga kerja AJSB mempunyai kemampuan memasarkan produk asuransi dengan hasil yang memuaskan. Selanjutnya pemasaran AJSB melalui dua cara yaitu offline dan online, pemasaran offline menggunakan agen pemasar yang secara langsung terjun kelapangan, pemasaran online menggunakan website.

 Selain itu ada beberapa Tantangan dalam implementasi pemasaran produk Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera 1912 diantaranya adalah rendahnya kesadaran masyarakat terhadap lembaga keuangan syariah, kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi dan knowledge dari SDM.

 Menurut saya ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar masyarakat bisa lebih mengenal produk-produk asuransi syariah, diantaranya adalah:

1. Edukasi dan Kesadaran Masyarakat: Penting untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang prinsip-prinsip asuransi syariah dan manfaat yang ditawarkannya. Diperlukan upaya edukasi yang intensif melalui kampanye pemasaran, seminar, workshop, dan materi pendidikan mengenai asuransi syariah. Pemerintah, perusahaan asuransi, lembaga keuangan, dan institusi pendidikan dapat bekerja sama dalam mengadakan program-program ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

2. Komunikasi Efektif: Perusahaan asuransi syariah harus melakukan komunikasi yang efektif dengan calon konsumen. Mereka perlu menjelaskan dengan jelas tentang produk-produk asuransi syariah yang mereka tawarkan, prinsip-prinsip syariah yang diikuti, serta manfaat dan perlindungan yang dapat diberikan kepada nasabah. Penggunaan media sosial, situs web, brosur, dan iklan yang informatif dan menarik juga dapat membantu dalam memperluas jangkauan komunikasi.

3. Inovasi Produk dan Pelayanan: Perusahaan asuransi syariah dapat mengembangkan produk-produk yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Memahami kebutuhan dan preferensi masyarakat serta menghadirkan solusi yang relevan akan membantu dalam meningkatkan daya tarik produk asuransi syariah. Selain itu, memberikan pelayanan yang berkualitas, responsif, dan transparan juga akan membantu membangun kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan asuransi syariah 

Rencana skripsi yang akan ditulis

Rencana skripsi yang akan saya tulis jika mengenai asuransi syariah, saya akan mengambil tema tentang produk-produk asuransi syariah, alasan nya karena :

 Adanya Prinsip-prinsip Syariah: Produk asuransi syariah didasarkan pada prinsip-prinsip syariah Islam, yang melarang riba (bunga), gharar (ketidakpastian), dan maysir (perjudian). Prinsip-prinsip ini mengarah pada pengembangan produk asuransi yang adil, transparan, dan berorientasi pada kepentingan bersama. Dengan  Penelitian tentang produk asuransi syariah dapat memberikan wawasan tentang bagaimana prinsip-prinsip syariah diintegrasikan dalam industri asuransi, serta dampaknya terhadap keadilan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu dengan Penelitian tentang produk asuransi syariah juga dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kebutuhan konsumen Muslim, serta faktor-faktor apa saja yang memengaruhi keputusan mereka dalam memilih produk asuransi syariah.. Pada intinya dengan adanya penelitian mengenai produk-produk asuransi diharapkan dapat memberikan inovasi yang sesuai dengan tren terkini, serta peluang apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan produk yang lebih baik.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun