Mohon tunggu...
Ropiyadi ALBA
Ropiyadi ALBA Mohon Tunggu... Tenaga Pendidik di SMA Putra Bangsa Depok-Jawa Barat dan Mahasiswa Pasca Sarjana Pendidikan MIPA Universitas Indra Prasta Jakarta

Menjadi Pembelajar Sepanjang Hayat, membaca dan menulis untuk pengembangan potensi diri dan kebaikan ummat manusia.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Peran Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari

28 Juli 2020   20:01 Diperbarui: 3 Juni 2021   17:18 1513 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari
Peran Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari (sumber gambar :republika.co.id)

"Matematika mempunyai peran yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan praktis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari."

Bagi sebagian orang, matematika adalah mata pelajaran yang menakutkan dan sebisa mungkin untuk menghindarinya. Pastinya ada sesuatu yang salah dalam hal ini, Kesalahan bisa berasal dari mind set awal para peserta didik yang sudah menganggap matematika itu sulit, memusingkan, dan kurang bermanfaat. 

Kesalahan bisa juga berasal dari para pengampu mata pelajaran matematika, yang kurang mampu mendesain pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi para peserta didik. 

Matematika hanya dianggap sebagai mata pelajaran yang terdiri dari sederet angka-angka dan simbol-simbol yang harus diselesaikan dengan sederet rumus-rumus yang memusingkan.

Baca juga : Belajar dari Matematika, Setiap Masalah Pasti Ada Solusinya

Padahal matematika mempunyai peran yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan praktis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Matematika dapat digunakan dalam berdagang dan berbelanja serta dapat dimanfaatkan untuk membaca data berupa tulisan/gambar/grafik dan prosentase. 

Kemampuan matematika juga menjadi syarat untuk dapat mengikuti bidang studi lain, seperti : fisika, kimia, arsitektur, farmasi, geografi, ekonomi, dan sebagainya. Dengan menguasai kemampuan matematika diharapkan para peserta didik memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, dan praktis, serta berjiwa positif, jujur, dan kreatif.

Seiring dengan kemajuan zaman, tentunya pengetahuan semakin berkembang. Agar suatu negara dapat lebih maju, maka negara tersebut perlu memiliki para ahli dalam bidang teknologi.  

Untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidang teknologi, maka mereka harus terlebih dahulu belajar matematika sejak di sekolah dan berkelanjutan sampai ke perguruan tinggi. 

Seseorang yang ingin menjadi ilmuan dalam bidang matematika, maka ia harus belajar dahulu matematika dari yang paling dasar agar memiliki bekal pengetahuan yang cukup dan untuk pembentukan sikap serta pola pikirnya.

Baca juga : Kenapa Kita Harus Belajar Matematika?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x