Mohon tunggu...
Imam Sahroni Darmawan
Imam Sahroni Darmawan Mohon Tunggu... Lainnya - Pendamping Lokal Desa/ Kemendesa PDTT

Saya seorang individu yang penuh semangat dan kreativitas, selalu siap untuk mengeksplorasi dunia dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Saya percaya bahwa kehidupan adalah petualangan yang tak terbatas, dan saya berusaha untuk terus mengembangkan diri dan memperluas batas-batas saya. Ketika berhadapan dengan tantangan, saya memiliki sikap yang positif dan tekad yang kuat untuk mencapai tujuan yang saya tetapkan. Saya percaya bahwa setiap rintangan adalah peluang untuk belajar dan tumbuh. Saya adalah seorang pemecah masalah yang kreatif, suka berpikir di luar kotak, dan mencari solusi inovatif dalam setiap situasi. Selain itu, saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai situasi dan lingkungan. Saya menikmati berinteraksi dengan orang-orang baru dan belajar dari perspektif mereka. Saya juga pandai bekerja dalam tim dan memiliki kemampuan kepemimpinan yang memungkinkan saya untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain menuju kesuksesan bersama. Saya adalah pribadi yang berkomitmen terhadap pertumbuhan pribadi dan profesional. Saya senang terlibat dalam kesempatan belajar baru dan terus meningkatkan keterampilan saya. Saya percaya bahwa dengan pengetahuan dan pengalaman yang terus berkembang, saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan dan memberikan dampak positif bagi dunia di sekitar saya. Secara keseluruhan, saya adalah seseorang yang bersemangat, kreatif, dan adaptif. Saya memiliki minat yang luas, keinginan untuk terus belajar, dan tekad untuk mencapai keberhasilan. Saya siap untuk menghadapi tantangan baru dan mengeksplorasi potensi terbaik saya untuk menciptakan perubahan yang berarti.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sinergi PSM dan TPP: Membangun Desa dengan Pelatihan Kemaritiman dan Wisata

4 September 2023   19:17 Diperbarui: 4 September 2023   19:49 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: kemendesa.go.id

TERNATE - Kepala BPSDM, Luthfiyah Nurlaela, mengajak seluruh Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) dan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kemendes PDTT untuk menjalin kolaborasi dalam upaya memajukan desa. Dalam proses pemberdayaan dan pelatihan masyarakat, keterlibatan keduanya sangat penting, mulai dari perencanaan hingga tahap monitoring dan evaluasi.

Dalam pernyataannya saat membuka Pelatihan Desa Wisata Angkatan II di Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan dan Pelatihan Kemaritiman Angkatan III di Kecamatan Jailolo Selatan Kabupaten Halmahera Barat di Ternate, Maluku Utara pada Jumat (1/9/2023), Luthfiyah Nurlaela menyampaikan, "Saya selalu mendorong para kolega di balai untuk bekerja sama dengan TPP. Hal ini sangat penting karena PSM memiliki keterbatasan dalam memberikan pelatihan, sedangkan TPP ada di semua tingkatan, dari desa hingga provinsi."

Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan mendorong pertumbuhan ekonomi di desa, PSM harus memberikan pelatihan sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh wilayah masing-masing.

Salah satu contohnya adalah Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Ambon, yang berfokus pada bidang kemaritiman dan desa wisata. Segala jenis pelatihan yang diberikan oleh PSM memerlukan kontribusi yang penting dari TPP untuk memastikan keberlanjutannya, sejalan dengan prinsip pembangunan di Indonesia.

Menanggapi arahan Kepala BPSDM, Kepala Balai PPMDDTT Ambon, Iman Sugiman, menegaskan komitmen untuk menjalankan sinergi tersebut. Salah satu langkahnya adalah melalui kolaborasi dengan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon yang berada di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. BPPP dipilih sebagai narasumber untuk memberikan pengetahuan yang diperlukan dalam pelatihan kemaritiman.

Iman Sugiman berharap peserta pelatihan dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, sehingga pembangunan desa dapat terus berjalan sesuai dengan potensi yang dimiliki. "Kami dari BPPMDDTT Ambon hadir disini. Kami berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas masyarakat desa agar lebih mampu meningkatkan kesejahteraan desa," ungkap Iman Sugiman.

Pembukaan pelatihan desa wisata dan kemaritiman ini dihadiri oleh beberapa pejabat, termasuk perwakilan Dinas PMD Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Halmahera Barat, para kepala desa di Kecamatan Jailolo Selatan dan Obo Utara, serta pendamping desa di Provinsi Maluku Utara.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun