Mohon tunggu...
Ronald Wan
Ronald Wan Mohon Tunggu... Pemerhati Ekonomi dan Teknologi

Love to Read | Try to Write | Twitter: @ronaldwan88 | Diarysaham.com | email: ronaldwan@diarysaham.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Belajar dari Jerome Powell tentang Arti Independen

18 September 2019   10:45 Diperbarui: 18 September 2019   10:54 0 20 8 Mohon Tunggu...
Belajar dari Jerome Powell tentang Arti Independen
Jerome Powell Ketua The Federal Reserve AS (CNBC.com)

Independen menurut KBBI daring (1) yang berdiri sendiri; yang berjiwa bebas (2) tidak terikat; merdeka; bebas. Bagaimana kita bisa belajar dari Jerome Powell tentang arti independen?

Jerome Powell

Jerome Powell adalah ketua dari The Federal Reserve atau biasa disingkat the fed, bank sentral Amerika Serikat(AS). Powell dicalonkan oleh Presiden Donald Trump dan dikonfirmasi senat AS pada Februari 2018.

Donald Trump sebagaimana diketahui umum sangat ingin menunjukkan prestasinya. Walau menjadi tertawaan di PBB, ketika dalam salah satu pidatonya mengatakan bahwa dia adalah Presiden AS yang sangat berhasil dalam waktu yang singkat.

Meningkatkan perekonomian tentu saja menjadi salah satu tujuan Trump. Lebih luasnya Make America Great Again.

Baca: Ketika Para Diplomat di Washington dipaksa berubah oleh Trump

Bank Sentral dalam ekonomi sekarang ini diharapkan agar bisa independen, sebagai sarana check and balances dengan kebijakan pemerintah. Sehingga ketika pemerintah salah langkah maka bank sentral bisa membantu mengingatkan. Berlaku juga di AS dan di Indonesia.

Tekanan demi tekanan diluncurkan kepada Powell oleh Trump agar kebijakannya sesuai dengan keinginan pasar yang pasti akan dianggap keberhasilan Donald Trump.

Walau memang dicalonkan oleh Donald Trump, tidak berlaku istilah berhutang budi dan Powell tetap menjalankan tugasnya sesuai dengan data yang dimiliki. Terakhir melihat ekonomi AS mulai melambat akibat perang dagang. The Fed menurunkan suku bunga.

Trump menuntut lebih jauh dan meminta agar suku bunga acuan AS diturunkan menjadi nol atau bahkan negatif. Dengan membandingkan suku bunga obligasi 30 tahun Jerman yang sekarang ini negatif.

Apakah Powell akan memenuhi permintaan Trump? Melihat rekam jejak sejak 2018, saya pikir tidak. Powell akan tetap independen menjalankan tugas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x