Mohon tunggu...
Muhammad Abdulah Romdhoni
Muhammad Abdulah Romdhoni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Institut Pertanian Bogor

Mahasiswa Fakultas Peternakan IPB University

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Magang MBKM Domba Premium IPB University

3 Desember 2022   12:16 Diperbarui: 3 Desember 2022   12:43 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan magang MBKM domba premium yang dilaksanakan oleh Fakultas Peternakan IPB University diketuai Oleh Prof. Dr. Asep gunawan. Kegiatan magang MBKM ini berfokus pada produksi dan hilirisasi daging domba premium yang berkualitas. Pelaksanaan kegiatan magang ini dimulai sejak pertengahan november, lebih tepatnya tanggal 13 November 2022 - 03 desember 2022. Pada pelaksanaannya, peserta dibagi kedalam 6 kelompok kecil yang terdiri dari 4 - 5 orang. Pada setiap lokasi akan diisi oleh 3 kelompok kecil. Artinya, di satu hari yang sama terdapat 2 lokasi yang berbeda dengan pembagian 3 kelompok per lokasi.

Tempat yang digunakan kegiatan magang ini yaitu Mitra Tani Farm yang berada di Jln Baru Manunggal 51 No. 39 RT 04/RW 05, Tegal Waru, Kec. Ciampea, Kab. Bogor, Jawa Barat 16620.

Agro Apis Palacio yang berad di Jln HM. Syarifudin No.38, RT 02/RW 02, Bubulak, Kec. Bogor Barat, Kab. bogor, Jawa Barat 16115. Serta AFY Farm Cimande. Ketiga lokasi ini merupakan mitra atau kerjasama dengan program magang MBKM Domba Premium IPB. Pembagian lokasi ini disesuaikan dengan topik yang lakukan seperti di MT Farm topik pelaksanaannya mengenai budidaya ternak domba dan pengolahan hasilnya. Di Agro Apis Palacio belajar mengenai perancangan startup dan formulasi ransum, sedangkan di AFY Farm Cimande membahas tentang pemuliaan domba.

Kegiatan Budidaya domba premium IPB ini meliputi pemberian pakan, pemberian susu (milk replacer), dan vaksinasi (pemberian vitamin). Pakan yang diberikan berupa konsentrat dan hijauan serta ada tambahan ampas tahu. Kemudian untuk pemberian susu ini hanya diberikan kepada anak domba dengan umur dibawah 2 bulan. Sedangkan untuk vaksinasi atau pemberian vitamin biasanya dilakukan pada ternak domba yang baru datang ke Farm dan juga biasanya diberikan rutin setiap 3 bulan sekali. Kegiatan pengolahan hasil ini berupa pembuatan rendang, gulai, dan hasil olahan lainnya. Alur proses yang dilakukannya meliputi penyediaan daging domba, bumbu-bumbu, dan alat-alat yang digunakan. Kemudian produk olahan yang sudah jadi akan dikemas dengan menggunakan kemasan kaleng lalu dipasarkan.

Selanjutnya di PT Agro Apis Palacio kami diajarkan terkait dengan pembuatan ransum atau pakan ruminansia khususnya domba penggemukan. Ruminansia merupakan hewan ternak yang memerlukan hijauan sebagai pakannya. Namun seiring berjalannya waktu, kini peternak domba penggemukan lebih memilih pakan konsentrat sebagai pakan utama ternak mereka. Karena dengan mengkonsumsi pakan konsentrat, produktivitas ternak akan meningkat. Pemberian pakan konsentrat juga tidak boleh sembarangan, harus sesuai dengan kebutuhan ternak itu sendiri. Maka dari itu, teknik formulasi ransum harus dimiliki setiap peternak agar kebutuhan ternaknya tercukupi.

Kegiatan magang MBKM ini sangat menyenangkan dan sangat mengesankan. Hal ini karena kami mendapatkan informasi dan pengalaman yang berharga terkait dengan produksi dan hilirisasi dba premium IPB. Harapannya kegiatan serupa terus berlanjut untuk menghasilkan calon-calon peternak yang sukses dan unggul.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun