Mohon tunggu...
Roihatul jannah
Roihatul jannah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember

Mahasiswa Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Apa sih Hubungan antara Pendidikan dan Masyarakat?

8 September 2022   21:46 Diperbarui: 9 September 2022   01:47 405 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan merupakan fondasi utama dalam sebuah tatanan kehidupan masyarakat. Kontribusi dari pendidikan kehidupan masyarakat sangatlah besar. Tanpa adanya sebuah pendidikan, maka masyarakat pun tidak akan maju dan tidak akan mengetahui kemajuan yang ada didunia ini seperti apa. 

Pendidikan sendiri terbagi menjasi tiga jenis golongan, yakni pendidikan formal, pendidikan nonformal, dan pendidikan informal. Dengan adanya sebuah pendidikan, seseorang akan mendapat informasi-informasi yang terbaru atau yang update dan informasi tersebut dapat dipergunakan untuk kehidupan bermasyarakat.

Lingkungan masyarakat merupakan sebuah lingkungan dimana terdapat segerombolan manusia yang memiliki keanekaragaman, mulai dari jenis kelamin, usia, keadaan ekonomi, status sosialnya dan masih banyak keanekaragaman yang lain. Dan segerombolan manusia ini memilih untuk hidup bersama agar dapat mewujudkan tujuan bersama, yakni kehidupan yang teratur, terjamin, harmonis, sejahtera, dan damai. 

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya masyarakat juga mempunyai andil yang sangat besar dalam jalannya sebuah pendidikan. Karena berhasil tidaknya sebuah pendidikan tidak hanya ditentukan oleh pendidikan itu sendiri ataupun sarana dan prasarana yang digunakan. Melainkan berhasilnya sebuah pendidikan itu juga ditentukan oleh dukungan yang diberikan oleh masyarakat.

Tujuan dari adanya pendidikan, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, dan tentu bangsa yang dimaksud disini adalah masyarakat dalam suatu negara tersebut. Agar suatu bangsa menjadi maju, maka bangsa tersebut harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam bidangnya. Dari sinilah peran dari sebuah pendidikan dapat terlihat. 

Sumber Daya Manusia yang unggul ini harus memiliki potensi dan potensi tersebut harus dikembangkan agar mahir dalam bidangnya. Dan tentu saja untuk mengasah dan mengembangkan potensi tersebut harus memerlukan adanya suatu pengajaran, pelatihan yang diberikan oleh orang yang professional dalam keilmuwannya atau pendidik melalui dengan adanya pendidikan.

Hubungan antara pendidikan dan masyarakat sangatlah erat karena keduanya tidak dapat dipisahkan dan saling membutuhkan. Dengan adanya pendidikan akan membuat masa depan bangsa, yaitu para generasi penerus ini dapat menemukan serta mengembangkan bakat, potensi yang ada dalam dirinya. 

Dan ketika mereka sudah mahir terhadap bidangnya maka saat mereka kembali ke masyarakat, mereka dapat mengatur tatanan masyarakat sedemikian rupa agar menjadi bangsa yang maju dan terstruktur serta terus mengembangkan inovasi untuk kehidupan bermasyarakat agar sesuai dengan perkembangan zaman. 

Pendidikan juga tidak dapat berjalan dengan lancar apabila tidak adanya partisipasi dri masyarakat. Partisipasi tersebut dapat berupa bantuan dalam bentuk administrasi pendidikan.

Fungsi sekolah bagi masyarakat, yaitu untuk memberikan sebuah pengetahuan, keterampilan, serta nilai-nilai kepada para peserta didik agar dapat mahir sesuai dengan bidangnya. Selain, hal tersebut masih banyak lagi fungsi dari sekolah bagi masyarakat, diantaranya:

  • Sekolah merupakan sebuah tempat para peserta didik untuk mendapatkan keterampilan dasar. Didalam sekolahlah peserta didik diberikan pengetahuan dari dasarnya terlebih dahulu. Dari membaca, menghitung, menulis hingga kemudian mempelajari ilmu-ilmu, seperti agama, ekonomi, bahasa, matematika, fisika, kimia, sosiologi dan lain sebagainya.

  • Sekolah menjadi tempat untuk seseorang diperiapkan agar mendapatkan yang layak. Tidak dapat dipungkiri bahwasanya semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin mudah pula ia untuk mendapatkan suatu pekerjayaan yang layak dan mendapatkan sebuah penghasilan yang sesuai dengan apa yang ia kerjakan.

  • Sekolah adalah sebuah tempat yang sangat terbuka untuk merubah nasib seseorang. Sistem pendidikan saat ini sangatlah adil, tidak hanya orang kaya saja yang dapat duduk dibangku sekolah. Namun, orang-orang yang tidak mampu juga dapat duduk dibangku sekolah dengan tujuan agar mendapatkan wawasan dan wawasan tersebut dapat dipergunakan kedepannya untuk merubah nasibnya.

  • Sekolah adalah sebuah tempat untuk membimbing seseorang agar menjadi makhluk yang sosial. Manusia merupakan makhluk sosial yang memiliki keanekaragaman namun juga saling membutuhkan. Dengan adanya sekolah ini dapat menjadi sebuah wadah peserta didik yang memiliki keanekaragaman namun saling membutuhkan dan berkaitan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

  • Sekolah merupakan tempat untuk menumbuhkan rasa integritas sosial. Para peserta didik ini memiliki keankearagaman, mereka berbeda budaya, suku, bahasa, dan lain sebagainya. Sekolah ini berfungsi untuk menumbuhkan rasa integritas sosial didalam diri peserta didik, dimulai dari hal yang terkecil jika disekolah harus menggunakan bahasa nasional, yakni bahasa Indonesia.

  • Sekolah meruupakan sebuah wadah transmisi kebudayaan. Tranmisi yang dilakukan oleh sekolah meliputi, transmisi pengetauan, keterampilan, serta norma-norma dan nilai-nilai yang harus diterapkan.

Pendidikan juga memiliki peran penting dalam pembaruan masyarakat. Karena dengan adanya pendidikan membuat orang yang tidak tahu tentang sebuah pengetahuan akan menajdi tahu, orang yang tidak faham akan sebuah wawasan menjadi faham. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan