Mohon tunggu...
Rofidah Nur F
Rofidah Nur F Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi PIAUD UIN Malang

Dipaksa, terpaksa, terbiasa

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Motivasi Bisa Menggugah Jiwa Ogah-ogahanmu

9 Oktober 2020   20:01 Diperbarui: 9 Oktober 2020   20:07 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Kerjakan apa yang harus kamu kerjakan, selagi kamu mampu mengerjakan"

Pada masa pandemi seperti ini pelajar atau mahasiswa menjalani proses belajar secara daring. Saya sempat merasakan pada satu minggu pertama kuliah begitu berat, mengapa terasa berat? Bisa jadi karena yang namanya mahasiswa baru adalah seorang remaja dari bangku SMA menuju bangku kuliah dan pastinya membutuhkan proses adaptasi. Mungkin hal ini juga dirasakan oleh semua pelajar, mahasiswa, terlebih mahasiswa baru.

Ditambah lagi dengan situasi pandemi ini yang merupakan tantangan bagi kita pelajar atau mahasiswa, sebab setiap harinya kita dihadapkan dengan gawai untuk mengikuti kuliah dan semua tugas dikerjakan serta dikumpulkan secara daring. Namun bagaimana lagi dengan keadaan seperti ini ya kita harus selalu bersyukur dan menerima serta selalu berdoa agar keadaan bumi ini segera membaik.

Satu minggu pertama kuliah saya selalu sambat yang dalam istilah jawa artinya mengeluh. Jadwal kuliah dan tugas-tugas yang terbilang cukup padat membuat saya bingung harus mengerjakan yang mana dulu ya?

Saya kerap bertukar cerita dengan sahabat saya, selalu yang diberikan adalah semangat serta membesarkan hati saya bahwa bukan hanya saya saja yang merasakan ini. Semua mahasiswa baru pun mungkin  merasakan hal yang sama. Ya, benar juga yang dikatan sahabat saya itu dan harusnya saya banyak bersyukur dengan saya bisa kuliah di tahun ini, karena saya yakin ada banyak kawan-kawan di luar sana yang menginginkan untuk kuliah, namun masih belum bisa di tahun ini karena kendala lain.

Kemudian saya juga teringat bahwa ada orang tua yang harus saya bahagiakan, sehingga diam-diam terlintas pada benak saya sebuah kata motivasi bagi diri saya "kerjakan apa yang harus kamu kerjakan, selagi kamu mampu mengerjakan" . Dari sinilah saya memulai menata dan meluruskan niat untuk bersungguh-sungguh mengerjakan setiap tugas yang saya dapat dengan tidak menjadikannya sebagai beban, sehingga saya bisa enjoy dalam mengerjakan. Saya berusaha menjalani dan mengerjakannya semampu saya, meskipun sebentar-sebentar ya butuh refreshing sejenak agar tidak terlalu jenuh.  

Terkadang saya pun terngiang dengan apa yang disampaikan guru saya ketika di bangku Tsanawiyah. Beliau menyampaikan materi tentang ayat dalam QS. Ar-Ra'd ayat 11 yang menjelaskan bahwa Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dari ayat tersebut saya dapat memahami bahwa sudah sangat jelas siapa lagi yang akan mengubah diri kita jika bukan dari niat dan usaha kita sendiri?

Bicara tentang motivasi, sebenarnya apa sih pengertian motivasi itu?

Motivasi merupakan sebuah pendorong yang menimbulkan upaya bagi seseorang untuk mewujudkan keinginannya, baik itu hal positif atau negatif. Motivasi juga bisa diartikan sebagai perubahan yang terjadi pada diri seseorang yang muncul bersama dengan adanya gejala emosi, perasaan serta kejiwaan sehingga mendorong individu untuk melakukan atau bertindak sesuatu yang disebabkan karena kebutuhan, keinginan, dan tujuan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun