Mohon tunggu...
Rofiatuz Zahro
Rofiatuz Zahro Mohon Tunggu... Mahasiswa PAI UNISNU Jepara

Mahasiswa PAI UNISNU Jepara

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Explorasi Potensi Wisata Alam Desa Batealit

12 Juli 2019   13:27 Diperbarui: 12 Juli 2019   20:38 0 2 1 Mohon Tunggu...
Explorasi Potensi Wisata Alam Desa Batealit
a6c999395a1503f1197a2305162f4f55-5d282c070d82302fcb090502.jpg

Jalan-jalan ke Jepara tidak melulu ke pantai bukan?, tapi bisa juga explore ke hutan dan menemukan hal-hal unik di dalamnya. Desa Batealit merupakan salah satu desa yang berlokasi di kecamatan Batealit kabupaten Jepara. Desa ini  mempunyai banyak wisata alam lokal yang recommended buat di jadikan destinasi liburan, dengan tempatnya yang masih asri dan indah, juga cukup cocok untuk hunting foto dan selfie. Wisata alam ini juga dijadikan sebagai salah satu wisata favorit masyarakat. Selain tempatnya yang terjangkau tiket masuknyapun sangat murah.

Ada lima wisata alam yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke desa Batealit, kelima wisata tersebut diantaranya adalah air terjun setatah, air terjun kedung bobot, air terjun dong paso, air terjun sumenep, dan hutan pinus atau biasa dikenal dengan wono pinus setro.

Air terjun setatah berlokasi di desa batealit  krajan Rt. 10 Rw. 02. Meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi namun sangat menarik untuk dinikmati pesona alamnya. Air terjun setatah memiliki pemandangan yang sangat eksotis dilihat dari berbagai sudut pandang sehingga mampu membuat pengunjung betah berlama-lama disitu.

Air Terjun Setatah
Air Terjun Setatah

Air terjun Kedung Bobotpun tak kalah indah dengan air terjun setatah, namun air terjun ini hanya dapat dinikmati keindahannya ketika hari jumat, karena lokasi air terjun ini berdekatan dengan tambang batu yang merupakan salah satu mata pencaharian warga desa tersebut dan hanya diliburkan setiap hari jumat. Sehingga ketika akan mengunjungi air terjun kedung bobot selain hari jum'at, maka airnya akan terlihat keruh.

Air Terjun Kedung bobot
Air Terjun Kedung bobot

Kemudian Air terjun Dong paso, Air terjun Sumenep dan Hutan pinus, ketiga destinasi wisata tersebut masih dalam satu kawasan, namun untuk menikmati keindahannya harus rela bersusah payah terlebih dahulu, karena akses jalan untuk menuju tempat wisata tersebut masih susah namun pemandangan yang di dapat sebanding dengan usaha sebelumnya.

Air Terjun Dong Paso
Air Terjun Dong Paso

Air Terjun Sumenep
Air Terjun Sumenep

Wono Pinus Setro
Wono Pinus Setro

Melihat potensi wisata alam yang terdapat di desa batealit, tentunya ini menjadi peluang besar untuk mengembangkan tempat-tempat wisata alam tersebut menjadi wisata alam yang menarik sehingga nantinya banyak diminati masyarakat untuk menjadi tujuan wisata yang dapat dapat digunakan untuk mengisi masa liburnya atau sejenak melepas rasa penat dengan menikmani pesona alam di desa Batealit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x