Mohon tunggu...
Choirul Huda
Choirul Huda Mohon Tunggu...

Penulis di Kompasiana (Kompasianer) yang hobi reportase untuk menulis catatan harian, musik, olahraga, fiksi, dan sebagainya. @roelly87 (www.roelly87.com)

Selanjutnya

Tutup

Catatan

10 Kompasianer Terfavorit Versi Kompasianer Sendiri

14 November 2011   18:54 Diperbarui: 25 Juni 2015   23:40 0 16 0 Mohon Tunggu...

[caption id="attachment_142248" align="aligncenter" width="565" caption="Nominasi 10 Kompasianer Terfavorit 2011 dari Kiri"][/caption] Malam tadi, setelah pulang bertualang di dunia nyata saya iseng-iseng buka kompasiana. Tiba-tiba saja mata ini terbelalak saat melihat di dashboard terdapat tulisan dari Om Valentino yang berjudul Izinkan Saya Bertanya: Penentuan 10 Nominator Kompasianer Favorit 2011. Langsung saja saya menuju tulisan beliau, saat membacanya sejenak tentang pemilihan 10 nominasi kompasianer Favorit, ingatan saya langsung terbayang pada peristiwa satu tahun yang lalu. Saat saya masih baru bergabung di Kompasiana, yaitu tentang tulisan Bang Asa., yaitu Kompasianer Terpopuler Untuk Apa?. Langsung saja saya mengklik link microsite Kompasianival. Rupanya sedang ada voting untuk memperebutkan gelar Kompasianer Terfavorit versi Kompasianer. Berikut adalah nama-nama Kawan Kompasianer tersebut. - Pak Ajinatha. - Pak Katedra Rajawen. - Bang Bain Saptaman. - Ibu Della Anna. - Ibu Nathalia. - Mbak Titi. - Bang Andimas. - Ibu Neny Silvana. - Pak Julianto Simanjuntak. - Pak Babeh Helmi. Saya sendiri setuju dari kesepuluh Kawan Kompasianer diatas salah satunya ada yang merebut sebagai pemenang Kompasianer Terfavorit. Namun, sekali lagi namun. Tentunya banyak Pro dan Kontra yang menyelimuti 10 nominasi tersebut, baik itu Kriteria maupun Objektivitas yang sangat patut untuk dipertanyakan. Sementara, saya sendiri sebagai kompasianer yang baru bergabung, sempat menelisik beberapa tulisan dari ribuan tulisan yang ada sejak bulan November 2010 lalu. Dengan mencoba-coba mencari tulisan dari bulan November tahun lalu, akhirnya saya menemukan juga beberapa Kompasianer Terfavorit versi saya pribadi sebagai salah seorang Kompasianer (bebas memilih, boleh kan? asal tidak kebablasan). Kriteria yang saya pilih adalah dari genre, rubrik, hingga rentang usia Kompasianer tersebut. Juga saya menambahkan menilik dari catatan saya tentang perolehan Headlines (HL) mereka masing-masing yang ditotal berjumlah sekitar 406 dari sekitar 15.000 HL keseluruhan semua Kompasianer. Saya memiliki beberapa screen print HL terakhir dari beberapa nominasi Kompasianert Terfavorit. Dihitungnya tidak termasuk HL yang di non-headlineskan oleh admin yang berjumlah 4, termasuk HL saya sendiri. (Data belum valid, masih banyak yang kurang karena waktu yang tidak memungkinkan). Dan, tulisan ini hanyalah sekadar postingan iseng-iseng belaka dari saya pribadi, tidak dimaksudkan sebagai rujukan ataupun menentang pilihan Admin tersendiri... Berikut ini, kesepuluh Kompasianer Terfavorit versi saya adalah: (Tidak berdasarkan urutan terlama gabung, tersenior, dan usia tertua tapi melalui abjad) - Pak Dian Kelana - Bang Erianto Anas - Bang Hazmi Srondol - Bang Iskandar Zulkarnaen - Joshua Limyadi - Bang Kimi Raikko - Mbak Langit - Ibu Linda Djalil - Pak Wijaya Kusumah - Ibu Yayat Dan, dibawah ini adalah beberapa data yang sedikitnya saya rangkum barusan.

*    *    *

[caption id="attachment_142233" align="aligncenter" width="293" caption="Profil Pak Dian Kelana, Jumlah Tulisan dan Rubrik"][/caption] DIAN KELANA Biasa menguasai rubrik Wisata, terutama Jalan-jalan. Hasil foto-fotonya sangat indah dan mampu berbicara layaknya tulisan yang panjang. Tak jarang hasil laporannya dalam mereportase dihadiahi Admin dengan HL, karena memang kesungguhan dari beliau sendiri dalam membuat gambar sebagai cerita. Semua tulisannya dapat dilihat di http://www.kompasiana.com/diankelana.

*    *    *

[caption id="attachment_142234" align="aligncenter" width="131" caption="Profil"][/caption] ERIANTO ANAS Seorang Kompasianer yang Kontroversial karena banyak menuliskan tentang agama dan juga kritikan kepada Admin. Namun tak sedikit pula mengagumi cerita dan gaya bahasa yang filsafat serta dalam, meskipun cenderung ambigu dalam menuliskannya. Akun dari beliau sangat banyak, saat saya telusuri ada sekitar 9 akun atas dirinya. Banyak berkonflik dengan beberapa Kompasianer lain karena pemikirannya yang berbeda. Terakhir menulis di Kompasiana bulan September lalu.

*    *    *

[caption id="attachment_142235" align="aligncenter" width="211" caption="Profil"][/caption] HAZMI SRONDOL Menguasai rubrik Humor, dan biasa menuliskan cerita dengan gaya yang sangat lucu. Salah satu kompasianer yang sukses dengan menerbitkan novel Srondol Gayus ke Italia. Tulisannya selalu aktual mengenai peristiwa yang dialaminya sendiri maupun masyarakat umum. Semua tulisannya dapat dilihat di http://www.kompasiana.com/srondol.

*    *    *

[caption id="attachment_142236" align="aligncenter" width="273" caption="Profil"][/caption] ISKANDAR ZULKARNAEN Biasa menulis tentang tips dan trik, baik itu soal blogging maupun tekno. Seorang yang murah senyum, tapi juga pelit komentar pada lapak kawan-kawan lainnya. Tulisan-tulisannya selalu Aktual, dan juga menarik minat pembaca. Namun tidak semua dapat dijadikan Headline olehnya...

*    *    *

[caption id="attachment_142238" align="aligncenter" width="133" caption="Profil"][/caption] JOSHUA LIMYADI Seorang remaja yang berbakat menjadi Jurnalis. Di usia yang relatif muda, 16 tahun, sudah membuai ribuan Kompasianer karena tulisan-tulisannya yang sangat aktual dan juga mendalam lagi sangat menarik. Namun sayangnya sama sekali tidak bisa menulis puisi dan juga Cerpen... Salah satu generasi muda yang menonjol di Kompasiana, dan sangat diharapkan untuk berkembang lebih baik lagi kedepannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x