Anna Skl
Anna Skl

Selalu belajar dan berbagi dalam mengharap RahmatNya.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Rahasia Resep Kangkung Versi Temanku

7 Oktober 2018   13:28 Diperbarui: 7 Oktober 2018   14:40 519 2 1
Rahasia Resep Kangkung Versi Temanku
Doc.Pri. Anna Skl

Beberapa hari yang lalu saya diberi kangkung oleh teman dan katanya dari kebunnya.. Terkejut karena kangkung tsb. sangat segar karena baru dipetik, besar dan lebar daunnya dan pastinya teramat senang hati saya. 

Saya tanyakan, bibitnya dari mana?  Beli di desaku jawabnya. Pada saat makan siangpun saya dihidangkan berbagai menu sayur kangkung yang nikmat.

Doc.pri. Anna Skl
Doc.pri. Anna Skl
Nama scientific dari kangkung adalah Ipomoea Aquatica. Sebutan kangkung dari beberapa negara penggemar kangkung adalah water spinach/water convolvulus/swamp cabbage (Inggris), you-sai (Jepang), weng cai (Cina), toongsin tsai (Mandarin), rau muong (Vietnam), pak bung (Thai), cancon (Portugis), kangkung (Malaysia/Filipina). 

Kangkung berasal dari India, kemudian menebar keberbagai negara di Asia, Australia dan Afrika.  Kangkung sering tumbuh di tempat yang berlumpur rawa/tanah basah namun sekarang, dapat juga tumbuh di tanah normal/biasa. Tanaman ini tumbuh dengan mudah dan cepat dapat di panen (dalam 6 minggu).

Doc.Pri. Anna Skl
Doc.Pri. Anna Skl
Olah Makanan dari kangkung yang digemari oleh hampir semua orang ini disamping mempunyai beberapa kegunaan bagi kesehatan yang tentunya harus dicuci bersih dahulu sebelum dimasak karena didalam batangnya yang berlubang kadang terdapat binatang kecil yang mungkin saja berbahaya, juga rasanya sangat lezat di berbagai variasi menu serta harganya yang bersahabat dengan dompet di akhir bulan.

Ada beberapa manfaat kangkung buat kesehatan, antara lain:

Mengatasi Anemia, obat tidur alami, bagus untuk mata karena mencegah katarak, meningkatkan imunisasi tubuh, dapat mengatasi sariawan, mencegah diabetes, mengatasi penyakit kuning, mencegah kolesterol, mengatasi nyeri haid dll.

Resep  tumis kangkung sederhana

Bahan:

-  300 gr kangkung

-  5 siung bawang merah

-  4 siung bawang putih

-  Garam, merica dan gula secukupnya

-  sejempol lengkuas dan jahe segar

-  Cabe rawit merah

-  Bumbu masak rasa ayam

-  4 sendok makan minyak  zaitun

Tumis bawang merah dan bawang putih yang telah diiris iris tipis dengan minyak zaitun. Masukkan lengkuas, jahe dan cabe rawit kemudian bumbu masak rasa ayam diiukti oleh kangkung yang telah dipotong potong dan dicuci bersih, tambahkan garam dan merica. Tumis hingga masak. Hidangkan. Tentunya resep ini dapat di variasi dengan menambahkan tomat, wortel, jamur dll.

Doc.Pri. Anna Skl
Doc.Pri. Anna Skl
Kembali ketanaman kangkung temanku itu yang ditanam di tanah normal dan tidak basah sama sekali dan tumbuh subur.  Akarnya didiamkan dan walau sering sekali dipotong batang dan daunnya untuk dibagikan kepada teman temannya tetap tumbuh selalu dengan cepat dan cantik.

Anna Skl, 07/10/2018