Mohon tunggu...
Robi Ah Al Adawiyah
Robi Ah Al Adawiyah Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa Univeristas Pendidikan Indonesia

Sedang menyelesaikan program sarjana Pendidikan Sistem dan Teknologi Informasi di Universitas Pendidikan Indonesia. Memiliki semangat belajar dan telah melakukan digital marketing produk desain grafis (Pemasaran dan Perikalanan) sejak 2020. Saya sangat tekun dan kompeten dalam mengerjakan sesuatu serta memiliki minat pada bidang Design User Interface.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pemanfaatan Video Sebagai Media Promosi Kampung Bojong Honje, Wanayasa, Purwakarta

15 Agustus 2022   12:18 Diperbarui: 15 Agustus 2022   12:33 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bapak Dani, Ketua RT Kampung Wisata Bojong Honje

Kampung Bojong Honje terletak di daerah desa cibuntu kecamatan wanayasa kabupaten purwakarta, di kampung nojong honje ini terdapat wisata alam yang bisa kita kunjungi dan juga wisata kuliner yang bisa kita cicipi. Kampung wisata bojong honje juga memiliki ebberapa keunikan, seperti hal nya rumah warga yang masih menggunakan adat dulu yaitu dengan adanya rumah panggung. Di kampung wisata bojong honje juga masih kental akan budaya nya, bisa di contohkan dengan masih adanya seni tutunggulan yang diadakan jika ada acara pernikahan atau sunatan.

Dengan beragamnya keunikan di kampung bojong honje, pemanfaatan video sebagai media promosi kampung wiata menjadi salah satu alternative pilihan yang cukup bagus, supaya kampung wisata bojong honje dikenal oleh masyarakat luas baik masyarakat purwakata sendiri ataupun dari luar jawa barat. 

Dalam sebuah wawancara dengan bapak dani selaku ketua rt dari kampung bojong honje mengatakan bahwasanya "bojong honje ini dulunya adalah hutan pohon honje, sejenis pohon lengkuas yang besar, bojong itu artinya kebun sedangkan honje itu artinya pohon honje".

Mayoritas para warga dikampung wisata bojong honje ini pekerjaanya adalah Bertani, dan cara Bertani di sana masih dengan cara alami yaitu menggunakan kerbau. Macam macam produksi dan konsumsinya pun beragam seperti Gula Aren, Gegeplak, Manisan Pala, Wajit dan Kerewel.

Produksi Gula Aren
Produksi Gula Aren
Rumah adat yang tersedia di kampung honje juga memiliki desain yang unik berbentuk rumah panggung dan rumah adat ini sering digunakan untuk homestay apabila ada wisatawan yang ingin berkunjung ke kampung wisata bojong honje, terdapat juga beberapa curug di kampung wisata bojong honje, salah satu curugnya yaitu curug keramat yang sering dikunjungi oleh warga maupun oleh wisatawan yang berkunjung.

Rumah Adat Kamoung Wisata Bojong Honje
Rumah Adat Kamoung Wisata Bojong Honje

Wisata Curug Keramat
Wisata Curug Keramat
Tujuan dari pembuatan video promosi ini yaitu supaya bisa menarik banyak wisatawan dariu dalam kota maupun luar kota, penulis memberikan bantuan inovasi berupa pembuatan  video sebagai media promosi yang dilakukan di kampung wisata bojong honje, dengan menggunakan keberagaman yang ada supaya kampung bojpng honje lebih terekspos hingga luar kota.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun