Mohon tunggu...
Rochmah Khoirunnisa
Rochmah Khoirunnisa Mohon Tunggu... Administrasi - Rknisa

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Edukasi Pemasaran Berbasis Digital di Wilayah Desa Wiyurejo

20 Januari 2023   22:53 Diperbarui: 20 Januari 2023   23:25 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Media pemasaran digital merupakan sebuah wadah dimana didalamnhya melakukan kegiatan pemasran sebuah merek atau produk dengan memanfaatkan media-media yang ada dengan berbagai macam perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan para pelaku usaha untuk menarik minat para calon konsumen secara cepat. Dalam cangkupan pemasaran digital pasti tidak akan lepas dari sebuah media sosial yang didalamnya memiliki ladang luas untuk mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Salah satu media sosial yang dapat dimanfaatkan ialah seperti media Tiktok, Shoppe, Instagram,Whatsapp dll. Dalam kegiatan kali ini kita telah melakukan sebuah kegiatan dimana kegiatan ini mampu menjadi bahan dan tambahan pengetahuan khususnya bagia pelaku usaha baru yang ingin terjun dalam dunia pemasaran dengan memanfaatkan media pemasaran digital. 

Wilayah Desa Wiyurejo  bertepat pada desa yang berada di Pujon, Kabupaten Malang dan wilayah yang memiliki berbagai macam hasil alam dan hasil ternak yang melimpah. Para warga disana menghabiskan hari-harinya di kebun dan di kandang ternak yang dimilikinya, banyak sekali hasil alam seperti sayu mayur dan hasil ternak seperti susu segar sapi yang dijual belikan pada daerah sekitar daerah tersebut yang bisa kita jumpai seperti susu segar yang dijual dipinggir jalan ketika memasuki wilayah tersebut dan hasil sayurnya banyak di kirim pada pasar-pasar di wilayah Malang dan sekitarnya.

Kegiatan Pengabdian Mahasiswa oleh Masyarakat (PMM) kali ini dilakukan oleh mahasiswa PMM mitra dosen tahun 2022 kelompok 212 yang beranggotakan Herlina, Yuningtyas, Bagas, Nadia dan Nisa dengan dosen pembina lapangan yaitu Novi Puji Lestari.
Aksi kami dalam kegiatan pengedukasian pemasaran digital pada Desa Wiyurejo bertujuan untuk memberikan wawasan lebih luas terkait bagaimana cara memanfaatkan mefia sosial dengan lebih efektif dengan cara memberikan edukasi bagaimana melakukan sebuah pemasaran menggunakan media sosial seperti instagram yang diharapkan mampu mendongkrak pengenalan produk yang dimiliki masyarakat yang nantinya akan dipasarkan dimedia sosial dan mampu dikenal banyak kalangan lebih luas lagi.

Hal-hal yang kami lakukan sebagai usaha edukasi media pemasaran, pertama-tama kami mengenalkan apa itu media sosial, apa saja media pemasaran digital, bagaimana pemanfaatnya, dan bagaiamana penerapannya. Setelah kami memberikan sebuah materi tersebut kepada masyarakat terkhususnya para pelaku usaha muda di daerah Wiyurejo, kami juga memberikan pengarahan bagaimana sebuah media sosial ini mampu beroprasi dengan baik  seperti mengenalkan cara membuat hal-hal atau konten yang menarik yang dapat menarik para calon konsumen untuk membeli produk yang sedang dipasarkan. Sehingga pemanfaatan media sosial ini bisa berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil sesuai target.

Program yang kami lakukan ini semata-mata tidak hanya untuk pemenuhan tugas saja melainkan sebagai jembatan bagi para pelaku usaha baru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam usaha pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran produk mereka dan nantinya akan banyak publik yang mengetahui produk yang dikenalkan dalam media sosial tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun