Mohon tunggu...
Rizqiya NihayaturR
Rizqiya NihayaturR Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Menulis adalah sarana hiburan ketika penat mengerjakan laporan praktikum.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UNDIP Tegaskan kepada Para Remaja Desa Tawangrejo: "Jauhi Narkoba!"

15 Agustus 2022   17:17 Diperbarui: 1 September 2022   15:25 71 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosialisasi Gerakan Anti Narkoba Kepada Remaja Desa Tawangrejo. Dokpri

Pati (25/7) ꟷ Saat ini istilah Narkoba bukan merupakan kata yang asing di telinga kita. Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan berbahaya. 

Begitu banyak  bahaya Narkoba selain kerusakan tubuh dan jiwa bagi penggunanya, mereka para  pengguna merupakan sampah bagi masyarakat, yang nantinya berimbas pada penyakit-penyakit masyarakat (pencurian, perampokan dan tindakan kriminal lainnya). 

Pengawasan orang tua sangat diperlukan karena biasanya pada masa ini mereka mulai mencari jati diri dan pengakuan dari kelompoknya, mereka cenderung meniru dan melakukan hal-hal yang kelompok mereka lakukan. 

Hal ini tentu akan sangat berbahaya jika mereka salah dalam memilih kelompok atau teman. 

Pada usia remaja, mereka mulai mengenal rokok dan alkohol dan dari kedua zat tersebut cenderung menjadi pintu masuk penyalahgunaan narkoba lain yang lebih berbahaya. 

Maka dari itu perlunya sosialisasi terutama terhadap remaja terkait bahaya dari narkoba dianggap penting. Dari kegiatan ini diharapkan manfaat berupa dapat mengedukasi para remaja terutama di wilayah Desa Tawangrejo terhadap bahaya narkoba yang dapat merusak masa depan mereka. 

Perizinan dan Koordinasi Proker dengan kepala MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo. Dokpri
Perizinan dan Koordinasi Proker dengan kepala MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo. Dokpri
Sosialisasi diberikan kepada para siswa MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo yang mana merupakan remaja awal, perubahan pergaulan dari SD/MI menuju SMP/MTs merupakan masa-masa yang harus terus dipantau. Penyuluhan dilakukan dengan memberikan materi tentang pengertian, jenis, dan bahayanya narkoba. Materi disampaikan melalui media presentasi menggunakan powerpoint

Tak lupa penulis menyampaikannya dengan cara yang menarik, dengan yel-yel dan diselingi ice breaking, penulis juga memberikan beberapa kuis dan bagi sisa yang bisa menjawan akan diberikan hadiah. 

Program ini memiliki maksud dan tujuan mencegah agar para remaja awal di Desa Tawangrejo mendapat pengetahuan tentang narkoba sehingga dapat menghindari penyalahgunaan narkoba. 

Dengan diadakannya penyuluhan ini, para siswa diharapkan lebih mengetahui tentang pengertian dan macam narkoba, bahaya penyalahgunaan narkoba, dan pentingnya menjauhi narkoba dan obat-obat terlarang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan