Mohon tunggu...
rizky afi
rizky afi Mohon Tunggu... Hamba Allah

Urip pisan iku dadio lakon ojo dadi penonton

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Ilmu, Filsafat, dan Agama

15 Februari 2020   03:42 Diperbarui: 15 Februari 2020   12:11 8 0 0 Mohon Tunggu...

Nama : Muhammad Rizky Mubarok
NIM : 19150031
Kelas : PBA A
Review buku  
Judul : Ilmu, Filsafat & Agama
Pengarang : H. Endang Saefuddin Anshari
Penerbit : pt.bina ilmu
ISBN : 979-422-017-5
Jumlah Halaman : 207

Perbedaan asasi antara manusia dengan hewan  menurut tokoh filosofi yaitu :
1. Charles Robert Darwin (1809-1882), penyelidik besar bangsa Inggris, peletak dasar (1) teori descendensi ( ilmu turunan), dan (2) teori pilihan alam (natural selection). Mengenai teorinya yang pertama beliau berpendapat, bahwa makhluk yang lebih tinggi berasal dari mkahluk yang lebih rendah, sehingga akhirnya semua makhluk hidup dapat dikembalikan kepada beberapa bentuk asal.

2. Julien Offroy De Lamettrie (1709-1751), seorang matrealis bangsa Perancis dan Penulis L'homme machine  (1757), menerangkan kepercayaannya bahwa jiwa adalah produk dari pertumbuhan badani.

Dari berbagai pendapat tersebut, tampak jelas bahwa keistimewaan manusia terlihat jellas dalam kenyataan kemampuan berpikir. Dalam Ilmu Manthiq (logika) kita temukan sebuah rumusan tentang manusia yang juga sekaligus membedakannya dari hewan, yaitu Al-insanu Hayawanun Nathiqun, yang artinya : nathiq, yang berkata-kata dan mengeluarkan pendapat dengan berdasarkan pikirannya ;tegasnya : manusia itu adalah hewan berpikir.
1. Teori tentang kebenaran, adapun beberapa teori yaitu
2. Teori Korespondensi
3. Teori Konsistensi
4. Teori Pragmatis

Filsafat merupakan bahasa yang berasal dari Yunani, dengan pengertian orang-orang Yunani Kuno sudah lama mempunyai tradisi filsafat. Akan tetapi ini tidak berarti bahwa hanya di Yunani purba sajalah orang-orang berfilsafat. Di Mesir-Purba, India-Purba  dan Tiongkok-Purba, orang sudah pula berfilsafat, dengan cara, corak dan kepribadian mereka sendiri.

Perbedaan antara pengetahuan dengan ilmu pengetahuan, menurut Mohammad Hatta menulis : "Pengetahuan yang didapat daripada pengalaman disebut pengetahuan pengalaman. Pengetahuan yang didapat dengan jalan keterangan disebut ilmu." Setiap ilmu pengetahuan ditentukan oleh objeknya.

Ada 2 macam objek ilmu : objek material dan forma. Pada garis besarnya objek ilmu pengetahuan ialah alam dan manusia. Oleh karena itu ada ahli yang membagi ilmu pengetahuan atas dua bagian besar, yaitu ilmu pengetahuan manusia.

VIDEO PILIHAN