Rizky Hidayat
Rizky Hidayat Mahasiswa

Ghostwriter and Environment Activist

Selanjutnya

Tutup

Digital

Kembangkan Cakrawala Teknologi, KKN 19 Universitas Trunojoyo Beri Pelatihan Dasar IT

9 Agustus 2018   20:00 Diperbarui: 9 Agustus 2018   20:16 380 0 0
Kembangkan Cakrawala Teknologi, KKN 19 Universitas Trunojoyo Beri Pelatihan Dasar IT
Antusiasme para peserta dalam mengenal IT. Sumber: Dok. pribadi/Zaki

Madura - Memasuki perkembangan Revolusi Industri 4 dewasa ini, IT atau teknologi informasi telah merambah semakin luas. Salah satu dampak rambahannya adalah anak-anak, yang sudah sedari dini mengenal IT meski belum cukup pemahaman tentang dasar-dasar penggunaannya.

Lihat saja, anak-anak generasi milenial atau anak jaman now saat ini, mereka sudah identik dengan penggunaan gadget dalam aktivitasnya sehari-hari. Entah digunakan untuk pemanfaatan komunikasi ataupun malah bermain game.

Fenomena yang seperti ini kemudian disadari oleh para mahasiswa KKN 19 Universitas Trunojoyo untuk memberikan pengenalan dan pelatihan dasar tentang IT pada anak-anak Desa Janteh, Kecamatan Kwanyar Madura.

Acara pelatihan terpusat di Balaidesa Janteh, pada Kamis (9/8/2018). Dimulai dengan mengenalkan tata cara penggunaan laptop yang meliputi cara pengoperasian, fungsi-fungsi keyboard dan cara mengetik pada Microsoft Office.

Juga tidak berhenti hanya pada media laptop, mereka juga diarahkan pada penggunaan teknologi yang bijak, baik dari skala penggunaan hp maupun akses internet, sehingga sangat perlu dirasa untuk mengembangkan softskill maupun hardskill anak-anak Desa Janteh tersebut.

Dalam pelatihan ini, para peserta adalah anak-anak yang meliputi tiga sekolahan di desa tersebut, yakni SDN 1 Janteh, SDN 2 Janteh, dan Madrasah Ibtidaiyah Janteh. Kegiatan berjalan dengan lancar dan seru.

Faikul Isbah, selaku penangung jawab kegiatan mengungkapkan "dengan adanya pelatihan ini, harapan kami anak-anak Desa Janteh tidak akan dicap ketinggalan Teknologi, serta dapat memanfaatkannya guna mengembangkan potensi mereka masing-masing. Dengan demikian Desa Janteh perlahan masyarakatnya akan melek informasi dan teknologi semua." (zaki/rh)