Mohon tunggu...
Rizky deaHelzhinsky
Rizky deaHelzhinsky Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hel'-'....

18 to 19

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Fungsi Vital Manajemen Keuangan bagi Perusahaan

8 Januari 2022   07:34 Diperbarui: 8 Januari 2022   07:36 228 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Fungsi Vital Manajemen Keuangan bagi Perusahaan

Kalian pernah tidak membayangkan sebuah perusahaan tanpa memiliki pengelolaan keuangan yang baik? Ya pasti sangat merepotkan kalau sebuah perusahaan tidak dapat mengelola keuangannya dengan baik. Baik itu sebuah perusahaan besar atau kecil pasti harus tau cara mengelola keuangan. Untuk itu diperlukan seseorang yang paham betul mengenai pengelolaan uang tersebut.

Peran Manajemen keuangan sangat vital dalam sebuah perusahaan, Manajemen keuangan merupakan suatu kegiatan 4P (perencanaan, pengelolaan, penyimpanan, dan pengawasan) terhadap aktivitas di bidang keuangan dengan menggunakan sumber daya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi. Pengelolaan keuangan harus direncanakan dengan matang agar tidak timbul masalah kedepannya.

Ada beberapa fungsi vital Manajemen keuangan dalam melakukan tugasnya, yaitu :

1.Planning (Perencanaan)

Perencanaan keuangan merupakan suatu proses merencanakan keuangan terkait dengan segala hal tentang keuangan yang akan digunakan dalam organisasi. Mulai dari kebutuhan dana, penyediaan dana, penggunaan dana, serta metode analisis laporan keuangan untuk digunakan dalam suatu organisasi. Dengan dilakukannya suatu perencanaan keuangan, organisasi dapat mengetahui gambaran manajemen keuangan yang akan digunakan.

2.Budgeting (Anggaran)

Budgeting atau biasa disebut juga dengan anggaran, yang memiliki fungsi untuk perancanaan, penerimaan, dan pengalokasian dana atau biaya secara efisien serta memaksimalkan dana perusahaan.

3.Controlling (Pengendalian)

Fungsi manajemen yang diarahkan untuk melakukan pengawasan atau pemantauan terhadap kesesuaian kegiatan keuangan yang telah dirancangkan perusahaan dengan tujuan lebih menjamin bahwa semua pekerjaan yang sedang berlangsung sesuai dengan rencana strategi organisasi. Sehingga tidak terjadi kekeliruan terhadap sistem keuangan perusahaan.

4.Auditing (Pemeriksaan)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan