Mohon tunggu...
Rizki Rohmaningsih
Rizki Rohmaningsih Mohon Tunggu... Pekalongan

Mahasiswa Pendidikan Matematika

Selanjutnya

Tutup

Travel

Explore ( I LoVe BWI )Versi Anak Kos, Budget Under-2 Juta

16 Juli 2019   22:10 Diperbarui: 17 Juli 2019   00:32 0 1 1 Mohon Tunggu...
Explore ( I LoVe BWI )Versi Anak Kos, Budget Under-2 Juta
Foto pribadi

Explore Banyuwangi ala anak kos.an budget under 2 jt selama seminggu mana bisa??Hai teman-teman semua bagaimana nih liburan summer kalian? Karna kita berada di negara Indonesia yang hanya memiliki 2 musim saja yaitu musim kemarau dan musim hujan , jadi tidak ada ya yang namanya summer holiday di Indonesia. 

Tapi wait...kita masih ada nih liburan sekolah.. kali ini kami akan berbagi pengalaman kami selama kami berlibur di Banyuwangi dengan budget under 2jt yaa...yuk kita intip apa saja sih tips.y.....

Kali ini kita akan mengexplore  Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran dan Pantai Merah. Mulai dari pemberangkatan ya...kita bisa menggunakan mode transportasi kereta api dengan harga yang lebih murah ..untuk menuju ke Kawah Ijen yang jadi destinasi pertama , kita harus membeli tiket kereta api tujuan Pasar Senen ( Jakarta)-Surabaya (Gubeng) dengan nama  kereta Gaya Baru Malam Selatan kelas ekonomi dengan harga Rp.104.000 jam pemberangkatan pukul 10.15 pagi- 01.35 malam . Selanjutnya setelah kita sampai di Surabaya (Gubeng) kita lanjut naik kereta jurusan Karangasem(Banyuwangi) dengan harga tiket Rp.56.000 nama kereta Probowangi dengan waktu pemberangkatan pukul 4.25 pagi -11.24 siang. Untuk kereta kalian bisa memilih kelas mana aja ya , bisa ekonomi maupun bisnis. 

Setelah hampir 22 jam perjalanan di kereta sampai lah kita di stasiun Karangasem, untuk menuju Kawah Ijen dan destinasi wisata lainnya, kita bisa menyewa sepeda motor yang biasanya di tawarkan di sekitar an depan stasiun dengan budget berkisar Rp.450.000 / 3 hari untuk 2 motor ya.

Kita bisa keliling-keliling mencari homestay untuk tempat tinggal sementara, jangan khawatir tentang penunjuk jalan kita ya...kita bisa menggunakan google maps untuk membantu kita mencari rute selama perjalanan kita . homestay yang kita dapat  lokasinya tidak jauh dari wisata Kawah Ijen ya...kurang lebih 1 jam dari penginapan ke Kawah Ijen. Resort atau homestay banyak di tawarkan di sana..mulai dari harga Rp.250.000 / malam untuk maksimal 4 orang maupun kamar yang lebih besar lagi ya..

Next , kita mulai bahas satu per satu destinasi wisata yang kami kunjungi yaa..

1.KAWAH IJEN

Foto pribadi
Foto pribadi
Kawah Ijen terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso , Jawa Timur. Kawah Ijen memiliki ketinggian mencapai 2.443 MDPL dengan kedalaman 200 meter dan lebar kawah 5.466 meter. 

Kawah Ijen merupakan salah satu kawah yang masih aktif dengan aktivitas pertambangannya.Untuk mencapai ke Kawah Ijen kita bisa berangkat dari tempat penginapan pukul 23.00 malam karena loket masuk ke kawah di buka pukul 02.00 dini hari. 

Foto pribadi
Foto pribadi
Foto pribadi
Foto pribadi
Selain kita bisa menikmati Kawah Ijen , salah satu yang di buru oleh pengunjung yaitu melihat blue fire. Blue fire merupakan fenomena alam Langka yang hanya terjadi di beberapa wilayah saja di belahan dunia salah satunya yaitu di sini tempatnya. Untuk mencapai  Kawah ijen kita hanya membayar tiket masuk Rp.10.000/ orang untuk pengunjung lokal dan Rp.100.000/ orang untuk pengujung mancanegara. Kita harus melakukan pendakian sejauh 11 Km dari loket pintu masuk sampai ke Kawah Ijen. 

Kita bisa melakukan pendakian mulai pukul 01.00  dini hari agar bisa melihat Blue fire yang hanya terjadi mulai pukul 02.00 dini hari sampai 04.30 pagi.  Selama melakukan pendakian kita tidak perlu khawatir ya karena kita melakukan pendakian tidak sendiri , karena banyak banget pendaki lain juga. Pendakian sejauh 11 km tidak akan terasa melelahkan selama kita melakukannya bersama-sama dengan rasa persaudaraan  dan dengan ikhlas karena akan terbayarkan dengan pemandangan yang sangat luar biasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3