Mohon tunggu...
Rizki Mulyani
Rizki Mulyani Mohon Tunggu... Mahasiswa

Artikel Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Commcarte: Donor Sekarang dan Dapatkan Manfaatnya!

26 November 2019   19:40 Diperbarui: 26 November 2019   19:44 20 0 0 Mohon Tunggu...
Commcarte: Donor Sekarang dan Dapatkan Manfaatnya!
dokpri

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMIKOM) menggelar aksi donor darah pada tanggal 21 November 2019. Aksi donor darah ini merupakan serangkaian acara COMMCARTE yang dilaksanakan di lingkungan kampus UNISMA BEKASI. Aksi donor darah ini merupakan rangkaian acara tetap yang diadakan di COMMCARTE tiap tahunnya. Donor darah ini dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan membantu orang yang membutuhkan.

"Donor darah ini berlangsung pada hari kamis 21 November 2019 dimulai dari pukul 09.00 -12.00 WIB" kata ketua pelaksana COMMCARTE JILID 2.

Aksi donor darah yang berlangsung selama 3 jam ini mendapatkan 75 peserta donor darah, para peserta terdiri dari mahasiswa dan karyawan UNISMA BEKASI. Lokasi penyelenggaraan kegiatan ini adalah di gedung K3.102 Universitas Islam 45 Bekasi dan mendapatkan respon positif dari semua sivitas akademik. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja dari divisi Sosial dan Ekonomi HIMIKOM.

Akan tetapi, masih banyak loh yang belum mengetahui manfaat donor darah untuk si pendonor. Pada artikel ini saya akan membahas beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh pendonor menurut Palang Merah Indonesia, berikut ulasannya :

1. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Artinya ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Dapat Meningkatkan produksi Sel Darah Merah

Donor darah juga dapat membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tidak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan masukan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Oleh sebab itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi produksi darah baru.

3. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Mendonor darah dapat menjadi salah satu program diet yang dapat membakar kalori. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori sekitar 650. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang menjadi ramping.

4. Kesehatan Psikologis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x