Mohon tunggu...
Rizka Tri Wahyuni
Rizka Tri Wahyuni Mohon Tunggu... mahasiswa

menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

sosial media dan perubahan pola konsumsi masyarakat indonesia

14 Mei 2025   23:35 Diperbarui: 14 Mei 2025   23:34 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
gambar melalui AI Chatgpt

Perkembangan teknologi digital di dua dekade terakhir ini sudah membawa dampak yang

sangat besar di berbagai aspek kehidupan manusia, yaitu termasuk pola komunikasi. Di

Indonesia sosial media sudah menjadi sarana penting atau sarana utama dalam berkomunikasi,

menyebarkan informasi, serta membentuk opini publik. Platform yang digunakan yaitu seperti

WhatsApp, Instagram, Twitter, TikTok, dan Facebook, platform tersebut bukan hanya sekedar

atau hanya digunakan untuk berbagi kabar saja tetapi bisa menjadi area diskusi sosial, politik,

dan budaya. Artikel ini akan membahas bagaimana sosial media mengubah pola komunikasi

masyarakat Indonesia baik secara positif maupun negatif.

Pola komunikasi masyarakat Indonesia kini lebih banyak terjadi secara tatap muka atau melalui

media seperti surat kabar, radio, dan televisi. informasi yang bersifat satu arah cukup ketat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun