Mohon tunggu...
Rizqa Zhafira
Rizqa Zhafira Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswi

Mahasiswi Institut Transportasi Logistik Trisakti angkatan 2017

Selanjutnya

Tutup

Money

Manajemen Logistik

25 Juni 2018   07:30 Diperbarui: 25 Juni 2018   13:34 379
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Manajemen Logistik, merupakan rangkuman kegiatan dalam hal planning, organizing, staffing, leading dan controlling.Terkait dengan pengadaan atau pendistribusian, penggunaan, pemeliharaan, dan penghapusan barang dan jasa untuk mendukung kegiatan organisasi.

* MENGAPA DIPERLUKAN MANAJEMEN LOGISTIK?*

Karena, untuk menyelesaikan kontraksi 4 sasaran utama, yaitu

  • Memaksimalkan pelayanankepada pelanggan
  • Memaksimalkan efisiensi pembelian dan produksi
  • Meminimalkan investasi persediaan
  • Memaksimalkan Profit

Dimana pada poin 1 & 2 tidak memungkinkan.Karena, dia ingin efisiensi dengan pembelian dan produksi, sedangkan perusahaan tsb juga ingin memuaskan pelanggan. Sedangkan jika kita ingin memuaskan pelanggan, maka kita harus memaksimalkan produksi kita. Bukan efiensinya yang dimaksimalkan. Sedangkan

Pada poin 3 & 4, masalah yang ada yaitu ia ingin meminimalkan investasi persediaan, tapi mau mendapatkan profit yang banyak. Itu seperti tidak mungkin. Misalkan seperti ia ingin menghasilkan laba yang banyak, namun,mesin produksi yang ia miliki hanya 1. Otomatis I tidak bisa mengharapkan laba yang banyak, karena mesin produksinya hanya 1

Proses Logistik, memliki tujuan untuk mengoptimalkan factor produksi dimana factor produksi tersebut berfungsi untuk melakukan optimasi terhadap biaya, waktu dan kualitas. Penyerahan tepat waktu dan aman dari barang dan orang sangat penting bagi perekonomian dan tekanan untuk memberikan lebih cepat,lebih jauh, danselalu ada ketika dibutuhkan

Dalam manufaktur yang efesien dan efektif, penggunaan informasi menentukan nilai ekonomisdan pertumbuhan suatu perusahaan yang melibatkan fungsi pemasaran, perancangan, perencanaan, dan distribusi

  • Pemasaran : untuk menjual kepada masyarakat hasil produksinya
  • Perancangan (design) :butuh perancangan suatu produk untuk menarik minat pembeli
  • Perencanaan (planning) : untuk membuat barangnya ingin dibuat seperti apa, dipasarkan dimana
  • Distribusi: bagaimana penunjang untuk memasarkan atau untuk mendistribusikan barang barangnya

Penentuan lokasi fasilitas merupakan tahapan terakhir dalam system logistic dan rantai pasok. Menentukan lokasi fasilitas untuk tempat penyimpanan produk yang akan dijual kekonsumen karena tidak selalu atau pasti konsumen membeli produk yang sama

Pengiriman barang yang mudah dan cepat yaitu yang harus dipenuhi kepada konsumen untuk menjamin kepuasannya agar tidak pindah ke produsen lain

RIZQA ZHAFIRA (Mahasiswi ITL Trisakti 2017)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun