Mohon tunggu...
Riyani
Riyani Mohon Tunggu... Stay focus and complete the journey

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030023)

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

5 Film Animasi dengan Pesan Self-Improvement yang Menginspirasi

9 Juni 2021   17:19 Diperbarui: 10 Juni 2021   07:58 175 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Film Animasi dengan Pesan Self-Improvement yang Menginspirasi
https://i.pinimg.com/originals/79/bb/d5/79bbd50876770e1441c683a4dfe8cdbb.jpg

Siapa di sini yang suka nonton film kartun? Film kartun atau animasi biasanya lebih identik dengan anak-anak. Namun sebagai orang dewasa, rasanya menyenangkan dan menenagkan saat bisa menonton film animasi dan bisa membayangkan terjun ke dunia mereka yang menggemaskan dan penuh warna. Bahkan, banyak film animasi yang mengandung pesan moral self-improvement. 

Self-improvement sendiri adalah upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas diri agar menjadi orang yang lebih baik. Banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan self-improvement, seperti mengembangkan hobi, menguatkan growth mindset.

Self-improvement itu penting, ada banyak alasan mengapa self improvement itu harus dilakukan. 

Pertama, self-improvement bisa meningkatkan kesadaran diri. Dengan self-improvement kita jadi lebih bisa mengenal kepribadian, cara berpikir, dan perasaan yang dirasakan ketika berada pada hal baik ataupun hal buruk. Kedua, self improvement bisa membantu mengenal apa saja kemampuan yang dimiliki dan seberapa besar batasannya. Ketiga, self-improvement dapat memberikan dampak yang tentunya positif bagi kesehatan mental. 

Dengan self improvement kita bisa belajar mencintai diri sendiri.

Deretan film-film berikut bisa menjadi motivasi kamu untuk semangat berubah dan meningkatkan self improvement.

  • Kiki's Delivery Service (1989)

Kiki's delivery Service atau Witch Delivery Service ini merupakan film animasi buatan Studio Ghibli di tahun 1989. Film ini dibuat, diproduseri dan disutradarai oleh salah satu pendiri Studio Ghibli, yaitu Hayao Miyazaki. Film ini pertama dirilis pada 29 Juli 1989 dan memenangkan penghargaan The Animage Anime Grand Prix Prize.

Film ini bercerita tentang kiki, seorang penyihir berusia 13 tahun, yang pindah ke pinggir kota sebagai bentuk pelatihan penyihir yang sedang dijalaninya. Setelah mahir mengontrol sapu terbangnya, Kiki menjadi seorang kurir yang menawarkan jasa pengiriman barang. 

Namun, rasa insecure tiba-tiba menghampiri Kiki dan membuat dirinya kehilangan kekuatannya. Untuk mendapatkan kembali kekuatannya, Kiki harus melawan perasaan self-doubt dalam dirinya. 

Pertumbuhan karakter kiki diceritakan tahap demi tahap. Dalam film, penonton bisa melihat awal mula Kiki diberi sapu terbang oleh ibunya hingga proses menerima dan ikhlas akan kehilangan Jiji (pendewasaan diri).

  • Spirited Away (2001)

Film rilisan Studio Ghibli yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki ini bercerita tentang Chihiro dan kedua orang tuanya yang menemukan sebuah taman hiburan terbengkalai. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x