Mohon tunggu...
Indriyani
Indriyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Lakukan dengan baik

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Danau Toba Bersiap Akan Menyambut Wisatawan Menjadi Lebih Baik

20 September 2021   14:27 Diperbarui: 20 September 2021   14:31 152 5 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Danau Toba Bersiap Akan Menyambut Wisatawan Menjadi Lebih Baik
sumber: you tube kemenparekraf

Danau Toba adalah salah satu objek wisata yang masuk kedalam wisata Wonderful Indonesia sebuah tempat wisata yang di jadikan rekomendasi tujuan wisata buat  sahabat. Keindahan Danau Toba belum pernah saya lihat secara langsung akan tetapi melihat dari video atau foto yang beredar di media sosial keindahannya sangat membuat terpana terlebih lagi saat ini Danau Toba telah resmi menjadi anggota UNESCO Global Geopark (UGG) yang artinya Danau Toba yang merupakan danau terbesar di Indonesia sudah menjadi situs yang dapat dituju sebagai Taman Bumi Global UNESCO dan Danau Toba telah naik kelas taman yang keindahannya sudah diakui oleh dunia.

Geopark Kaldera Toba merupakan salah satu keunggulan dari ikon pariwisata Sumatra dibagian Utara memadukan keanekaragaman geologi, ke aneka ragam hayati dan budaya. Akan tetapi sangat disayangkan keindahan dari Geopark Kaldera Toba hanya sedikit berseliweran di dunia maya, kita dapat menemukan pesona Danau Toba bersumber dari situs yang belum banyak orang ketahui sehingga harus mengkhusukan  mencari tentang Danau Toba sangat jarang Danau Toba muncul pada beranda media sosial atau influencer yang terkenal membahas keindahan alam .  

Akan sangat menarik jika adanya sebuah media sosial yang khusus membahas mengenai Geopark Kaldera Toba dengan awal pembukaannya dimuat pada beranda Influencer yang berpengaruh, tentunya akan menjadi sangat membantu jika seseorang yang akan membuat rencana treveling dapat mempelajari kondisi dari tempat yang ingin dituju, dan tahu perkiraan budget yang diperlukan. Promosi menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, You Tube dengan bekerja sama dengan Influencer tentunya akan membuat Danau Toba semakin menunjukan keindahan dan keunikan Danau Toba pada story media influencer yang memang sudah menjadi pedoman seseorang untuk mencari refrensi tujuan wisata. 

Pengelolaan dari media sosial yang resmi dari pihak Danau Toba pasti akan sangat membantu untuk wisatawan yang ingin mencari tahu informasi terbaru mengani tempat tujuannya dan tentunya lebuh percaya pada kebenaran informasi yang ada. Media sosial dapat dijadikan sumber informasi sekaligus media promosi. Untuk ke depannya pengelolaan dari media sosial dapat bekerja sama dengan pihak biro jasa wisata untuk mempermudah wisatawan yang memang mencari kennyamanan dan kemudahan wisata intinya ingin terima beres berwisata ke tempat impiannya DSP Toba.

Dengan keindahan alam yang masih terus dijaga oleh masyarakat sekitar, Danau Toba menjadikan  salah satu tempat yang  dapat dijadikan wisata alam yang saat ini sangat di sukai oleh kalangan treveling muda dan vloger alam yang memang sangat hobi dengan petualangan alam atau survival di alam terbuka. Dengan  tagline MICE di Indonesia Aja sangat cocok disematkan ke Danau Toba untuk menggambarkan keasrian dan keindahan alam dari Kaldera Toba yang masih terjaga. Tentunya kesesuaian antara gambaran pada media sosial dengan kondisi sebenarnya akan semakin membuat wisatawan yang datang puas dan merekomdasikan Danau Toba menjadi destinasi wisata yang diharuskan masuk ke dalam list tujuan wisata alam. 

sumber You tube Kemenparekraf
sumber You tube Kemenparekraf

salin keindahan alam, Danau Toba dapat menunjukan keragaman kebudayaan yang masih dijunjung tinggi oleh penduduk sekitar, melihat sejarah dari Danau Toba yang unik asal-usul dari pulau Samosir yang berada ditengah Danau Toba   menciptakan sebuah cerita rakyat yang melahirkan adat kebudayaan yang unik dan terus terjaga hingga saat ini. Heritage of Toba adalah keunggulan lainnya dari tempat wisata Danau Toba, kebudayaan adat yang masih terjaga akan menjadi daya tarik tersendiri untuk Danau Toba sebagai tempat wisata untuk menikmati sebuah tradisi yang masih asli. 

Akan sangat menarik jika setiap harinya terdapat pementasan keduyaan walaupun hanya sekedar latihan hal tersebut untuk memberikan gambaran dari kebudayan yang ada di Toba dengan harapan wisatawan yang datang tertarik untuk datang kembali menyaksikan pementasan atau ritual adat Danau Toba yang sebenarnya. Sebuah event khusus untuk menampilkan kebudayaan dari Danau Toba secara menyeluruh akan sangat menarik untuk dijadikan agenda rutin 

sumber You tube Kemenparekraf
sumber You tube Kemenparekraf

Dengan terdaftarnya Danau Toba pada UNESCO sudah pasti nama Danau Toba akan semakin dikenal dunia, terlepas dari cerita rakyat yang beredar di masyarakat, dan melihat dari sejarah Danau Toba secara teori bahwa terbentuknya Danau Toba karena terjadinya ledakan gunung berapi super aktif dengan kekuatan 8VEI dan membuat penyusutan popuilasi sampai Afrika Timur, Tengah dan India. 

Ledakan tersebut sangat dahsyat bahkan banyak peneliti yang melakukan penelitian mengenai dampak dari letusan tersebut dan masih mencari tahu bagaimana cara mahluk yang selamat bertahan hidup pada masa itu. Dari peristiwa maha dahsyat tersebut Danau Toba dapat dijadikan sebagai tempat penelitian mengenai sejarah dari meletusnya gunung Toba tersebut, melikan penelitian mengenai perubahan dan keaneka ragaman hanyati yang terbentuk saat ini.

Danau Toba tidak hanya berpotensi sebagai tempat wisata domestik tetapi juga sebagai tempat wisata kelas dunia. 

Persiapkan dana untuk segera ke Danau Toba dan melihat bagai mana Heritage of Toba yang masih terjaga dan menikmati MICE di Indonesia Aja, dengan DSP Toba Ngurah Rai Airport (DPS) to Danau Toba 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan