Mohon tunggu...
Ritsatul zannah
Ritsatul zannah Mohon Tunggu... Masih dalam tahap belajar

Mahasiswa ilmu komunikasi UIN sunan Kalijaga 20107030104

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Mengangumi Keindahan Pangandaran! Apa yang Dirindukan di Pangandaran?

16 April 2021   22:17 Diperbarui: 16 April 2021   22:19 144 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengangumi Keindahan Pangandaran! Apa yang Dirindukan di Pangandaran?
Dokpri ( suasana pantai Pangandaran)

Pangandaran adalah salah satu Kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat. Selain dikenal dengan budaya Ronggeng Gunungnya, ternyata pangandaran juga menyimpan banyak potensi wisata yang tentu saja sayang untuk dilewatkan. 

Pantai dan sungai adalah wisata Andalan di kabupaten Pangandaran. Di kabupaten Pangandaran, Anda bisa menikmati banyaknya objek wisata yang ditawarkan. Keadaan alamnya yang begitu indah adalah daya tarik utama agar wisatawan mau berkunjung. Tidak salah jika Pangandaran memiliki misi untuk menjadi Kabupaten pariwisata yang mendunia pada tahun 2025.

Pantai Pangandaran tersendiri merupakan wisata tepi laut yang berada di daerah pangandaran tepatnya di Desa Pananjung. Konon katanya Pantai ini pernah dinobatkan oleh Asia Rooms sebagai pantai terbaik di provinsi Jawa Barat. Pantai nya dengan hamparan pasir putih dan air yang jernih. Jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan untuk berenang dengan aman. Destinasi wisata ini memungkinkan wisatawan untuk menikmati terbit dan tenggelamnya matahari dari tempat yang sama.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Untuk memasuki kawasan wisata pantai pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk. Harga tiket masuknya cukup murah dan berlaku sama setiap hari. Tidak ada perbedaan tiket antara anak dan dewasa.

Harga Tiket MasukTiket Pejalan KakiRp6.000Sepeda MotorRp14.000Jeep/SedanRp37.500Mini Bus KecilRp65.000Mini Bus BesarRp92.500Bus KecilRp126.000Bus SedangRp188.000Bus BesarRp310.000

 Semenjak periode oleh pa H.jeje Wiradinata  Pangandaran disulap dari tadinya pantai hanya biasa saja namun sekarang sangatlah indah nan elok. Pa Jeje tersebut berkeinginan pantai Pangandaran ini bisa lebih di kenal ke seluruh dunia. Pantai Pangandaran ini  merupakan salah satu tujuan utama untuk objek wisata Pangandaran apalagi di suasana libur munggahan ini, selain pantainya luas dan terpanjang, pantai pangandaran juga bisa digunakan untuk aktifitas represing, berenang, tetapi pantai ini hanya bisa digunakan untuk berenang yang aman hanya dari area Pos 1 dekat cagar alam sampai dengan Pos 3 Penjaga Pantai atau depan Hotel Krisna, tentunya Pantai Barat Pangandaran, selain ombaknya terbilang bersahabat pantai ini juga airnya ga terlalu deras sehingga banyak sekali para wisatawan yang melakukan aktifitas berenang di daerah ini.

namun jiga tidak ingin berenang di sisi pantai kita bisa menikmati dari kejauhan keindahan di sisi pantai pasir putih terlihat kapal yang tergeletak, kapal tersebut adalah kapal asing yang sedang mencuri ikan. Yang sengaja oleh ibu Susi tenggelamkan di pantai Pangandaran supaya orang pangandaran tau dan bangga karena kapal tersebut sebagai saksi bahwa orang pangandaran pernah menjadi Mentri perikanan dan kelautan.

tidak hanya bisa melihat keindahan kapal yang di pesisir pantai pasir putih kita bisa melihat langsung dengan menyewakan kapal yang telah disediakan disana dengan biaya transportasi seharga 15.000 perorang dengan maksimal satu kapal hanya bisa di naik oleh 7 orang. Dengan menyuguhkan keindahan alam yang alami di tambah ada objek perahu sayangnya kalau kita tidak mempersiapkan hp ataupun digital kamera untuk bisa berfoto, selain berfoto kita bisa melakukan snorkeling melihat keindahan ikan yang berkeliaran dan keindahan terumbu karang yang tumbuh indah dan elok.

Menurut salah seorang tukang kapal Banyak wisatawan yang tidak mengetahui, bahwa di sepanjang pantai barat pangandaran tidak semuanya aman untuk melakukan kegiatan berenang. Biasanya daerah yang berbahaya ditandai dengan bendera merah bertuliskan "Dilarang Berenang"atau papan larangan berenang di pinggir pantai. Peringatan ini tidak main-main di daerah tersebut terdapat arus balik (Rip Current) dengan kecepatan mencapai 80 kilometer per jam, arus balik itu tidak hanya kuat, tetapi juga bisa mematikan. namun menurut beliau banyak yang selalu bandel yang sering para wisatawan melakukan berenang di luar batas yang telah disediakan.

Dokpri ( tempat untuk menikmati sunset)
Dokpri ( tempat untuk menikmati sunset)
di pantai pananjung ini kita bisa menikmati munculnya matahari di pagi hari (sunres) dan menikmati tengelamnya matahari di sore hari (sunset). Tidak hanya pantai pananjung saja namun masih banyak lagi pantai yang ada di Pangandaran, tak hanya pantai pananjung saja tapi masih banyak pantai lainnya yaitu: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN